Buah Langsa Mulai Banjiri Ternate

  • Bagikan
Pedagang di Pasar Buah Gamalama Ternate (Foto: Ali)

TERNATE – Pasar Buah Gamalama Ternate mulai dibanjiri buah Lansa, selama satu pekan terakhir para pedagang ramai menjajakan buah langsa mulai dari pagi hingga malam hari.

Salah satu pedagang buah, Iskandar mengatakan buah langsa yang dijual sekarang dengan harga Rp 10.000 per kilo, yang berasal dari Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Karena baru bermusim, pembelinya cukup banyak dibandingkan dengan buah lain.

“Dengan musimnya buah lansa ini, kebanyakan para pengunjung lebih fokuskan  membeli buah lansa karena buahnya murah dengan harga 1 kg Rp 10.000. Sedangkan buah-buahan yang ada ini, harga rata-rata saya jual 1 kg berkisar diatas Rp 20.000, seperti buah Salak, Semangka, Lemon dan Mangga, bedah dengan Lansa, jadi banyak yang membelinya,” kata Iskandar kepada KabarMalut, Sabtu (12/1/2019).

Menurutnya, buah langsa yang dijual di sejumlah pasar buah di Ternate, rata-rata disuplai dari Tobelo. Sementara dari daerah lain, belum memasuki musim panen.

“Buah lansa yang dijual di pasar buah ini berasal dari Tobelo dan diperkirakan musim lansa kali ini  bisa sampai pada bulan April,” ungkapnya.

Iskandar menambahkan, jika semua daerah di Maluku Utara (Malut) sudah memasuki musim panen buah langsa, maka diperikrakan harga langsang baku turun dari sekarang.

“Karna ini baru musim pane lansa dari Tobole, belum juga dari Jailolo dan Bacan. jadi saya perkirakan harga buah lansa untuk hari-hari selanjutnya, harga lansa akan lebih murah lagi,” pungkasnya. (mg02/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut