Pemerintah Pusat Bakal Mutakhirkan Data e-KTP Warga Ternate

  • Bagikan
Warga sedang antrian untuk pembuatan e-KTP di Kantor Dukcapil Kota Ternate (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Pemerintah Pusat menjadwaldalam beberapa hari kedepan pemerintah pusat akan melakukan pemutakhiran data bagi warga yang belum merekam Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Sekertaris Dinas Dukcapil Kota Ternate, Hilman Silawane mengatakan pemerintah pusat akan melakukan pemutakhiran data tentang warga yang belum rekam e-KTP. Ada kemungkinan jumlah warga yang belum merekam e-KTP akan meningkat atau menurun.

“Kota Ternate ini adalah kota yang dinamis, banyak masyarakat keluar masuk di Kota Ternate, namun ada kemungkinan presentasi ini yang belum melakukan perekaman ini bisa naik atau menurun,” kata Hilman kepada KabarMalut, Senin (14/1/2019).

Kemungkinan besar, lanjut Hilman, yang belum merekam e-KTP akan turun dari 9 persen atau 8 persen, tapi bisa   juga naik menjadi 20 persen. Bagi warga yang merasa belum melakukan perekaman e-KTP untuk segera mendaftarkan diri merekam e-KTP, guna tercatat data kependudukannya.

“Saya berharap kepada masyarakat yang belum melakukan perekam e-KTP segera melakukan, karena tempat perekam di Kota Ternate ada lima tempat yakni, Bastiong Karance, Kelurahan Takoma, Kelurahan Sangaji, Kelurahan Soasio dan Kantor Dinas Capil,” ujarnya.

Ia juga menambahakan, lima tempat perekam e-KTP tersebut, semua terkonek ke Jakarta secara langsung. Bagi warga yang tinggal di bagian utara bisa melakukan perekaman di kantor Kelurahan Sangaji, bagian tengah di Kantor Kelurahan Takoma, di bagian selatan di kantor Bastiong Karance atau langsung ke kantor Dukcapil.

Untuk wilayah Kota Ternate wajib e-KTP tercatat sebanyak 15.022, kemudian sudah rekam 13.6524 atau 90,40 persen.  Sedangkan belum rekam e-KTP sebanyak 14.498 dan atau 9,60 persen. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut