Tak Bisa Difungsikan Lagi, Warga Minta Pemda Perbaiki Tambatan Perahu Daru

Ronald Muhama
Tambatan Perahu di Desa Daru yang sudah rusak parah (Foto: Istimewa)

TOBELO – Dermaga tambatan perahu di Desa Daru Kecamatan Kao Utara, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), setahun terakhir tidak lagi difungsikan karena mengalami kerusakan yang cukup parah. Warga meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) Halut, segera membangun kembali jembatan yang merupakan satu-satunya akses penyeberangan dari Halut ke Halmahera Timur (Haltim) ini.

Salah satu warga Kao Jekson Pormes menyebutkan dermaga dibangun tahun 2010 dan merupakan salah satu akses penting yang menghubungkan Halut dan Haltim. Namun kini telah rusak sehingga tidak lagi digunakan.

“Kondisi dermaga sangat memprihatinkan dan terkesan dibiarkan, sementara warga tidak mampu untuk melakukan pembangunan dermaga kayu itu,”  kata Jekson kepada KabarMalut, Selasa (22/1/2019).

Ia mengharapkan agar Pemerintah Daerah (Pemda) Halut, dapat membangun dermaga tersebut, sehingga aktivitas warga dapat kembali terlayani.

“Pemda harus membangun kembali dermaga ini agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Kadis Perhubungan Halut, Hernefer Tjandua kepada KabarMalut mengatakan, Pemda Halut bukannya membiarkan karena di tahun 2019 ini akan diperbaiki atau dibangun baru.

“Ada prosedur yang harus dilalui kalau menggunakan APBN atau APBD,” jelas Hernefer.

Lanjut Hernefer, pada tahun 2018 telah dianggarkan, tetapi karena waktu penginputan ada gangguan sistem, kemudian waktu pelaksanaan yang sangat mepet, sehingga dianggarkan kembali di tahun 2019.

“Saat perubahan anggaran sudah dimasukan tapi waktunya sangat mepet,” Pungkasnya. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut