Canangkan Gerbangdutas, Menko Polhukam Apresiasi Kinerja Bupati Benny Laos

  • Bagikan
Menko Polhukam RI, Wiranto saat memberikan sambutan pada pencanangan Gerbangdutas 2019 di Pulau Morotai (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto dan Sekertaris Badan Nasional Pengelolahan Perbatasan (BNPP) Suharjo Diantoro, menghadiriacara Pencanangan Gerakan Pembagunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2019 dengan tema ‘Sinergi Pusat-Daerah untuk Mewujudkan Perbatasan Negara Sebagai Beranda Depan NKRI’ di Kabupaten Pulau Morotai, Senin (18/3/2019).

Menko Polhukam, Wiranto menyampaikan NKRI harus kuat dari segala macam ancaman, semua daerah harus diperkuat agar pertahanan dan keamanan wilayah kita merata, sehingga kita harus bersyukur bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berani menerobos kebijakan-kebijakan nasional untuk mengimplementasi membangun dari pinggiran.

“Membangun dari pinggiran itu perlu keberanian,” kata Wiranto dalam sambutannya.

Disela-sela sambutannya, Wiranto juga mengapresiasi kinerja Bupati Pulau Morotai Benny Laos yang sudah melakukan pembangunan dari daerah wilayah perbatasan dan dinilai berhasil.

“Artinya sudah banyak pembangunan yang dilakukan oleh kementerian pusat yang dapat dirasakan di daerah ini (Pulau Morotai),” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pulau Morotai Benny Laos di hadapan Menko Polhukam dan Sekertaris BNPP menyampaikan bahwa Morotai sebagai daerah perbatasan dengan negara Filipina dan Bibir Pasifik serta sebagai markas perang dunia ke II, merupakan beranda terdepan dalam bingkai NKRI. Dengan memiliki luas wilayah 2.330 KM persegi, Pulau Morotai sangatlah tepat menjadi lotus perhatian Presiden Jokowi.

“Ini merupakan tantangan dan peluang bagi saya yang baru 1 tahun 8 bulan menjabat sebagai Bupati Kabupaten Pulau Morotai, untuk melakukan pembangunan dan kerjasama dengan TNI-Polri, BNN, BNPT dan membuat Master Plan arah pembangunan Kabupaten Pulau Morotai sebagai kabupaten wilayah perbatasan,” jelasnya.

Pada Kuker tersebut Kementerian Dalam Negeri yakni BNPP memberikan sejumlah bantuan bagi Pemkab Pulau Morotai secara simbolis antara lain, bantuan mesin pengolahan Kopra Putih dan mobil ambulance. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan KTP-E dan Kartu Kelahiran, KK dan KIA,  penyerahan Kartu Asuransi Nelayan dan penyerahan bantuan renovasi RTLH, dilanjutkan dengan penandatangan Prasasti, Peresmian Kantor Camat Morotai Selatan dan Pencanangan Gerbangdutas tahun 2019. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut