Korban Longsor Dapat Bantu Stimulan

  • Bagikan
Kepala BPD Halbar, Imran Lolori menyerahkan Bantuan Stimulan secara simbolis kepada korban longsor (Foto: Istimewa)

JAILOLO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), telah menyerahkan bantuan Stimulan kepada masyarakat 6 desa yang terdiri dari dua Kecamatan yakni, Kecamatan Ibu Tengah 1 desa dan Kecamatan Loloda 5 desa. Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat yang ditimpah bencana banjir pada 27 Januari 2019 lalu.

Kepala BPBD Halbar, Imaran Lolori mengaku masyarakat yang menerimah bantuan Stimulan sebanyak 27 Kepala Keluarga (KK) dari masing-masing desa di dua Kecamatan yakni, Kecamatan Ibu, Desa Gamici 1 KK, Kecamatan Loloda Desa Tolofuo 10 KK, Desa Kahatola 2 KK, Desa Kedi 3 KK, Desa Soasio 7 KK dan Desa Baja 4 KK, dengan jumlah bantuan Stimulan berfariasi mulai dari Rp 2.000.000 sampai Rp 20.000.000 sesuai kerusakan rumah yang di data dari tim BPBD lansung ke lokasi bencana.

“Bantuan ini tidak seberapa jumlahnya namun bantuan ini harus diperuntugkan untuk rumah-rumah yang tertimpah musabah bencana banjir itu,” ungkap Imran di hadapan warga penerima Bantuan Stimulan, Senin (19/3/2019)

Direncakana, Bupati Halbar Danny Missy menyerahkan langsung bantuan kepada korban longsor, namun terdapat acara di ibu kota kabupaten yang tidak bisa ditinggalkan, sehingga diwakilkan Kepala BPBD. Bantuan yang diberikan ini sesuai data dari pihak kecamatan yang bekerja sama dengan petugas BPBD yang ditugaskan di kecamatan dan dicocokkan dengan data Koramil dan Polsek setempat, sehingga data penerima dinilai sangat valid.

“Data ini kami BPBD Kabupaten terima dari kecamatan yang didalamnya bekerja sama untuk mengambil data ini yaitu, Polsek Loloda, Koramil Loloda, Petugas Kecamatan, tim BPBD yang ditugaskan di kecamatan,” jelasnya.

BPBD berharap masyarakat yang menerima bantuan ini untuk digunakan sesuai peruntuhkan, karena sesudah ini tim BPBD maupun kecamatan, Polsek dan Koramil, masih terus awasi mengawasi penggunaan bantuan apakah sesuai peruntuhkan atau tidak.

“Saya barharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi bapak-bapak yang menerima bantuan ini, memang tidak seberapa jumlahnya tetapi ini bisa membantu untuk memperbaiki rumah yang rusak agar layak untuk dipakai kembali,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan penyerahan ini yakni, Kepala BPBD bersama staf, Danramil Loloda, Sekcam Loloda, Sekcam Ibu, Kapolsek Ibu, Danramil Ibu dan masyarakat penerimah bantuan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut