Terlambat Hadir! Wakil Bupati Halbar Jadi Danru pada HUT Damkar ke-100

  • Bagikan
Wakil Bupati Halbar, Ahmad Zakir Mando menjadi Danru Damkar saat Upacara HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Linmas ke-57, tahun 2019 (Foto: Istimewa)

JAILOLO – Pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-100, Satpol PP ke-69 dan Linmas ke-57, tahun 2019 oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), menimbulkan kejadian menarik. Upacara yang seharusnya dipimpin Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando Inspektur Upacara (Irup), harus diambil alih Sekda Halbar Syahril Abdurrajak, karena Wakil Bupati terlambat datang.

Informasi yang dihimpun, undangan yang dilayangkan panitia, pelaksaan upacara bakal berlangsung pada pukul 08:00 WIT, kemudian diundurkan panitia yakni pukul 09:00 WIT. Namun saat pelaksanaan upacara, dilakukan tepat pada pukul 08:30 WIT. Dengan begitu, Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando, Ketua DPRD Halbar Juliche D Baura dan sejumlah Forkopimda harus terlambat ketika upacara dimulai.

Sekda Halbar Syahril Abdurrajak dipercayakan sebagai Irup menggantikan Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando. Karena upacara sudah berlangsung ketika dirinya tiba, Ahmad Zakir Mando memilih menjadi komandan regu (Danru) untuk menyemangatkan para pegawainya terutama bagi yang merayakan HUT.

Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando saat dikonfirmasi mengakui dirinya bukan terlambat tetapi karena undangan yang diterimanya pada pukul 08:00 WIT tetapi Kasatpol PP Halbar Wawan Gunawan M.T Ali menghubungi kembali menginformasikan bahwa telah diundurkan pukul 09:00 WIT. Namun, setelah setiba di lokasi acara sebelum jam yang ditentukan, ternyata upacara sudah mulai.

“Walaupun begitu, saya legowo dan lebih condong menjadi Danru Damkar. Semata-mata untuk hadir sebagai penyemangat bagi anggota Damkar, Satpol PP dan Linmas,” aku Zakir kepada wartawan usai upacara HUT di ruang kerjanya, Senin (18/3/2019.

Meski begitu, Ahmad Zakir Mando Soal menyesalkan acara HUT kali ini, karena tidak konsisten dengan waktu pelaksanaan upacara tersebut. Namun, demi para pegawai dan masyarakat Halbar, dirinya tetap menerima apa yang terjadi.

“Tidak apa-apa, dan saya lebih memilih di barisan upacara dan memberikan dukungan di hari yang baik ini. Dan saya atas nama pimpinan mewakili pak Bupati dan masyarakat mengucapkan selamat HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas, semoga lebih giat menjalankan tugas dan pengabdiannya,” tandasnya.

Terpisah, Kasat PP Halbar, Wawan Gunawan M.T Ali mengaku awalnya sudah ada perubahan jadwal dari pukul 08:00 WIT menjadi pukul 09:00 WIT, tetapi kembali terjadi perbuhan lagi pukul 08:30 WIT dan dirinya lupa mengkonfirmasi kembali ke Wakil Bupati Halbar dan Forkopimda.

“Undangan itu sudah kasih dari kemarin hari Jumat, isi dari undangan pukul 09:00, supaya tidak terkesan mendadak, namum tidak lagi konfirmasi kembali kepada wakil bahwa upacaranya mulai di jam 08:30 WIT,” akui Wawan.

Wawan menyampaikan permintaan maaf kepada Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando serta Forkopimda diantara Ketua DPRD Juliche D Baura, Kajari Halbar dan Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang, atas perubahan jadwal yang membuat mereka lambatan hadir dalam upacara HUT kali ini.

“Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena ini kesalahan saya dan kekhilafan saya, bukan kesengajaan karena ini miscommunication,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut