Tuntut Data Realisasi Dana, Besok Pemdes 5 Kecamatan Lingkar Tambang Gelar Aksi di PT NHM

  • Bagikan
Aksi Pemerintah Desa lingkar tambang beberapa waktu lalu (Foto: Istimewa)

TOBELO – Sejumlah Pemerintah Desa (Pemdes) terdiri dari lima kecamatan lingkar tambang yakni, Kecamatan Kao, Kecamatan Malifut, Kecamatan Kao Teluk, Kecamatan Kao Utara dan Kecamatan Kao Barat, merencanakan Selasa (19/3) besok bakal menggelar aksi ke PT  Nusa Halmahera Minerals (NHM).

Ketua APDESI Halut, Fahri Yamin mengatakan, aksi yang Pemdes yang tergabung dalam Fron Aksi Pemerhatin Desa Kao Raya (F A Pendekar) ini. Menutut pihak PT NHM agar dapat memberikan data tertulis terkait dengan penggunaan dana 1 persen semenjak dari tahun 2018-2019.

“Besok kami lima Pemerintah Desa di kecamatan khususnya di wilaya Lingkar Tambang PT NHM akan melakukan aksi ke PT NHM terkait dengan meminta kepada pihak PT NHM agar segera dapat memberikan data tertulis dan penjelasan terkait dengan penggunaan dana 1 persen mulai dari tahun anggaran 2018-2019. Karena selama ini tidak ada transparasi dari pihak PT NHM,” kata  Fahri selaku Jendran Lapangan, Senin (18/3/2019).

Fahri juga mengatakan aksi pada besok hari Selasa (19/03) juga menuntut kepada pihak PT NHM agar segera merealisasikan bantuan pendidikan, bantuan kesehatan dan budget desa paling lambat bulan April 2019.

“Kami menuntut PT NHM agar mengalokasikan budget desa Rp 350 juta per desa untuk tahun anggaran 2018-2019 sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Fahri menambahkan tuntutan kami di besok hari juga terkait dengan anggaran operasional  10 persen dari total budget kecamatan agar dapat dikembalikan ke kecamatan seperti sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, anggaran  operasional 10 persen dari total budget kecamatan agar segera dikembalikan ke kecamatan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.  (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut