PT NHM Siap Realisasi Tuntutan Pemdes 5 Kecamatan

  • Bagikan
Pertemuan antara Pemda, Pemdes 5 Kecamatan lingkat tambang dan PT NHM di gedung Tow River Bart PT NHM (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Tuntutan Pemerintah Desa (Pemdes) 5 Kecamatan lingkar tambang PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) terkait dengan pengelolaan dana 1 persen pendapatan milik masyarakat lingkar tambang, mendapat direspon dari pihak perusahan.  PT NHM bakal merealisasikan data pengelolaan dana 1 persen yang menjadi tuntutan massa aksi.

“Apa yang menjadi pernyataan sikap dan statement saudara-saudara akan kami selesaikan serta kami sanggup memenuhi apa yang menjadi tuntutan bapak-ibu,” ungkap Deputy Director PT NHM, Usman Slamet yang mewakili Manajemen PT NHM dalam pertemuan dengan Pemerintah Daerah (Pemda), Perwakilan Fron Aksi Pemerintah Desa Kao Raya (P A Pendekar) dengan pihak PT NHM di Gedung Tow River Bart PT NHM, Rabu (20/3/2019).

Ia juga mengatakan kehadiran PT NHM di Halut untuk mensejahterakan masyarakat, terutama yang berada di lingkar tambang, bukan untuk menciptkan permasalahan.

“PT NHM hadir di sini untuk mensejahterakan masyarakat lingkar tambang bukan untuk menciptakan masalah. Olehnya itu, mari kita pergunakan sisa-sisa kerja NHM ini untuk kemaslahatan masyarakat,” tuturnya.

Penadatangan berita acara kesepakatan antara PT NHM dengan Perwakilan Kepala Desa 5 Kecamatan lingkar tambang (Foto: Istimewa)

Ia meminta agar para Kepala Desa lingkar tambang PT NHM segera mendaftar jumlah mahasiswa di desanya masing-masing.

“Terkait dengan dana beasiswa kepada para mahasiswa agar masing-masing kepala desa memastikan jumlah mahasiswa di desanya masing-masing, agar pemerataan pembagian beasiswa serta sisanya bisa kita anggarkan untuk pembuatan program yang lain,” pintanya.

Akhir dari penyampaian, ia juga meminta maaf kepada sejumlah massa aksi atas ketidaknyamanan dalam pelayanan selama ini.

“Kami atas nama PT NHM meminta maaf atas ketidaknyamanan bapak ibu sehingga terjadinya aksi unjuk rasa selama dua hari ini, semoga ini cepat berkesudahan dan tidak berkepanjangan,” ucapnya.

Perusahaan berharap hubungan baik dengan Pemerintah Kecamatan dan  Pemerintah Desa dapat berjalan harmoni seperti semula, dan program-program pemberdayaan masyarakat dapat dilanjutkan sesuai rencana.

Sementara itu, Ketua APDESI Halut Fahri Yamin berharap agar apa yang menjadi tuntutan mereka agar dapat direalisasi secepatnya.

“Apa yang menjadi tuntutan kami agar direalisasi dan ditegaskan jangan lagi ada janji, karena kami sudah tidak butuh janji,” tuturnya.

Pose bersama Bupati dan Wakil Bupati Halut, Kapoles Halut, Perwakilan Manajemen PT NHM dan Perwakilan Pemerintah Desa 5 Kecamatan lingkar tambang usai pertemuan (Foto: Istimewa)

Terpisa Bupati Halut Frans Manery berharap apa yang disampaikan PT NHM melalui perwakilanya agar tidak hanya di mulut saja.

“Saya sedikit mengutip apa yang menjadi perkataan bapak Usman bahwa semua akan beres, namun jangan hanya dibicara, saya berharap agar direalisasi,” tuturnya.

Ia menambahkan apa yang sudah disetujui harus benar direalisasi serta diinfokan kepada yang diberi kuasa.

“Saya harapkan agar dipertegas dan apa yang disetujui agar direalisasi serta diinfokan siapa yang diberi kuasa agar kelak siapa yang harus bertanggung jawab,” terangnya.

Bupati juga berharpa apa yang menjadi pernyataan pak Usman harus segera dibuktikan, sehingga masyarakat lingkar tambang tidak lagi melakukan aksi yang merugikan PT NHM sendiri.

“Kami memohon agar bapak Usman dapat direalisasi apa yang menjadi pernyataan bapak dan segera dibuktikan realisasinya. Saya harapkan agar kemudian tidak lagi terjadi aksi-aksi seperti ini,” tuturnya.

Diakhir acara dilakukan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan antara Manajemen PT NHM dengan perwakilan Kepala Desa lingkar tambang yang memuat 5 poin penting. Intinya kesepakatan tersebut PT NHM siap memeralisasi tuntutan para Pemdes saat menyelenggarakan aksi.  (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut