Keperasi TKBM Pelabuhan Tobelo Gelar RAT Tahun Buku 2018

Ronald Muhama
Kegiatan RAT tahub Buku 2018 oleh Koperasi TKBM Pelabuhan Tobelo (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Tobelo, melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-III tahun Buku 2018. Kegiatan yang bertemakan ‘Dengan Semangat RAT Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Kesejahteraan Anggota’, resmi dibuka Kepala Dinas Koperasi dan UKM Halut, Aser Tidore di Gedung Dian Fista, Rabu (20/3/2019).

Kepala Dinas  Koperasi dan UKM Halut, Aser Tidore ketika membacakan sambutan Bupati Halut  mengatakan, Pemda sangat mengapresiasi komitmen buruh TKBM Tobelo yang masih mau menghimpun diri dalam lembaga koperasi TKBM. Karena buruh pelabuhan adalah salah satu komponen pekerja jasa terbesar dalam pembangunan, sebab buruh pelabuhan adalah penentu perekonomian dan perdagangan.

“Kalau kegiatan bongkar muat di pelabuhan macet, maka akan mempengaruhi harga barang di pasaran dan berdampak pada inflasi,” jelasnya.

Ia juga mengatakan sesuai UU nomor 23 tahun 2018, organisasi atau lembaga swasta seperti TKBM adalah mitra pemerintah, sehingga secara otomatis menjadi bagian dari pembangunan.

“Pemerintah berkewajiban melakukan pendekatan kelembagaan terhadap lembaga yang menjadi mitra pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Pelabuhan Tobelo, Rushan Muhammad selaku pembina dalam sambutannya mengatakan, RAT ini merupakan kegiatan rutin yang harus dipertanggungjawabkan.

“Apa yang akan dilaporkan kepada peserta RAT yang hadir saat ini  harus benar-benar mampu untuk  dipertanggungjawabkan dan hendaknya dilaksanakan dengan baik. Seluruh anggota harus bisa bersatu untuk kemajuan, kebersamaan bermusyawarah untuk bermufakat,” katanya.

Ia juga mengatakan oleh karena itu, diharapkan seluruh pengurus dan semua pihak untuk bisa bekerja sama  dengan baik demi kemajuan koperasi yang menaungi buruh tenaga kerja bongkar muat Pelabuhan Tobelo ke arah yang lebih baik .

“Mari kita bersama-sama dengan semua pihak untuk berikan pelayanan dan pembinaan agar apa yang di cita-citakan untuk  kesejahteraan anggota, dapat tercapai dan kita juga harus ciptakan keamanan dan kenyamana bagi seluruh  pengguna jasa dan para investor yang akan membangun usahanya di Kabupaten Halmahera Utara,” harapnya. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut