Disperkim Pulau Morotai Bakal Bangun 1.176 Unit RTLH

  • Whatsapp
Kepala Disperkim Pulau Morotai, Syaiful Arifin (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Pulau Morotai berencana membangun 1.176 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bersumber anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kepala Disperkim Pulau Morotai, Syaiful Arifin mengaku bentuk program ini, meliputi peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru yang dilihat dari kualitas atap, lantai dan dinding rumah untuk dapat memenuhi syarat kesehatan, keselamatan dan kenyamanan.

Muat Lebih

“Bantuan tersebut tersebar pada lima kecamatan dengan peningkatan untuk 50 lokasi pada tiap kecamatan. Untuk DAK anggarannya Rp 2,9 miliar dan DAU Rp 1,8 miliar,” kata Syaiful kepada KabarMalur, Rabu (8/5/2019).

Selain itu, terdapat pula anggaran dari APBD yang diperuntukkan bagi 75 unit RTLH, DAK 144 unit dan reguler 957 unit dari Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Satker Perumahan Rumah Swadaya. RTLH dikhususkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Dilihat dari bentuk rumah seperti berlantai tanah dan dinding yang menggunakan papan serta kepemilikan hak rumah,” jelasnya.

Bantuan ini merupakan perangsang, untuk menciptakan kemandirian kepada masyarakat. Sehingga ketika mendapatkan bantuan bisa terjun langsung bergotong royong bersama. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *