Pemkab Pulau Morotai Kembali Sabet Opini WTP Laporan Keuangan 2018

Fizri Nurdin
Bupati/Wakikota se-Malut atau yang mewakili saat menerima LHP LKPD 2018 (Foto: Istimewa)

DARUBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018 yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku Utara (Malut). Capaian ini merupakan kali kedua dimasa kepemimpinan Bupati Benny Laos, yang mana pada LKPD tahun anggaran 2017, Pemkab Pulau Morotai juga memperoleh opini WTP.

Kepala Badan Pengelolaan Keuagan dan Aset Daerah (BPKAD) Pulau Morotai, Muhammad Umar Ali mengaku bersyukur atas capaian ini untuk kedua kalinya. Predikat opini WTP yang didapat merupakan partisipasi seluruh SKPD lingkup Pemkab Pulau Morotai dalam menyampaikan pelaporan keuagan yang baik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua SKPD se-Pulau Morotai, karena dengan pelaporan keuagan yang baik, sehingga Pemda Pulau Morotai masih mempertahankan opini WTP untuk tahun 2018,” ungkap Muhammad kepada KabarMalut via telepon, Jumat (24/5/2019).

Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota se-Maluku Utara saat menerima LHP LKPD tahun 2018 dari BPK (Foto: Istimewa)

Menurutnya, selama dua tahun terakhir yakni 2017-2018, Pemkab Pulau Morotai mampu mempertahankan opini WTP dalam LKPD.

“Sudah 2 kali kami mendaparkan WTP, sekarang penilaian itu 2018 dinilai 2019 Laporan Keuagan juga harus bagus,” jelasnya.

Keberhasilan dalam pengelolaan anggaran ini karena atas dorongan dan disiplin beranggaran yang telah diterapkan Bupati Pulau Morotai Benny Laos. Sehingga Pemkab Pulau Morotai kembali mempertahankan WTP yang kedua kalinya.

“Ada 10 kabupaten kota 8 yang mendapatakan WTP, sedangkan  yang masuk WDP itu 2 kabupaten yakni Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu,” ungkapnya.

Muhammad berharap untuk semua SKPD Pulau Morotai untuk lebih giat lagi memperhatikan akuntabilitasnya untuk ditingkatkan lagi. Sehingga bukan hanya pertahankan WTP begitu saja. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut