Berat Badan Dua Balita Gizi Buruk Asal Pulau Obi Naik

  • Bagikan
Masya Laudi (1,7 Bulan) balita penderita gizi buruk asal Desa Soligi Kecamatan Obi (Foto: Bud/KabarMalut)

LABUHA – Kondisi kesehatan dua balita yang menderita gizi buruk asal Pulau Obi Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provins Maluku Utara (Malut) yakni Masya (1,7 bulan) dan M Fahri (8 bulan) mulai membaik. Kesehatan kedua balita ini dinyatakan membaik dapat dibuktikan dengan berat badan keduanya mulai bertambah (naik).

“Masya itu sempat dirawat satu minggu di rumah sakit. Dia datang itu ada keluhan pernafasan terganggu, sehingga dokter melakukan terapi dan sudah mulai bagus Kesehatanya. Berat badan dari 5,1 Kg kini menjadi 5,5 Kg makanya dokter perintahkan kembali ke rumah,” ungkap Direktur RSUD Labuha, Asia Hasjim ketika dikonfirmasi melalui telepon, Senin (1/7/2019).

Selain berat badan Masya mulai naik, alasan Masya melakukan rawat jalan ini karena nanti terjangkit penyakit bawaan dari pasien balita yang lain. Meski demikian, Masya pada saat ini kembali menjalani rawat inap di RSUD Labuha.

“Sekarang ini masuk lagi di IGD, kemarin sore jam 4 (16:00 WIT),” ujar Asia.

Asia menjelaskan, biasanya gizi buruk yang dialami balita itu disertai dengan panyakit lain. Oleh karena itu, langkah yang dilakukan dokter yaitu memberikan anti biotik karena pada saat masuk pekan lalu Masya mengalami demam dan diare.

“Dokter kasih anti biotik, vitamin dan susu. Selama pasien masih bisa makan belum bisa pasang infus,” jelas Asia.

Dirinya juga berharap orang tua pasien rutin memberikan asupan susu dan vitamin sesuai dengan permintaan dokter.

“Perawatan gizi buruk ini butuh proses tidak secepat itu. Orang tua pasien harus rutin berikan asupan susu.” kata Asia.

Sementara M. Fahri, pasien gizi buruk yang ditemukan Puskesmas Babang pekan lalu ini juga sejauh ini kesehatannya mulai membaik. Berat badan M Fahri sebelumnya 5,3 kg sekrangan sudah naik menjadi 5,9 kg.

“Kondisi kesehatannya sudah membaik. Kami juga sudah melakukan perawatan terhadap pasien,” ucap Kelapa Puskesmas Babang, Husen Abubakar. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut