Pemkab Halsel Terjunkan Tenaga Medis dan Kebutuhan Makanan 

  • Bagikan
Suasana di tenda pengungsian korban gempa bumi di Halmahera Selatan (Foto: Istimewa)

LABUHA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melalui Dinas Kesehatan menerjunkan tenaga medis di wilayah yang terkena dampak gempa bumi, untuk melakukan tindakan medis kepada warga yang mengalami luka-luka saat gempa bumi Magnitudo (M) 7,2 Minggu (14/7).

Kepala Dinas Kesehatan Halsel, Ahkmad Rajak menyebutkan, sejak kemarin Dinas Kesehatan sudah menurunkan advance di Desa Gane Dalam. Tim itu terdiri dari empat tenaga dokter dan satu orang tenang apoteker.

“Tim kemarin yang turun di Desa Gane Dalam untuk advance itu sudah balik tadi subuh. Empat dokter dan satu apoteker, satu dokter stanbay di Gane Dalam,” kata Ahkmad ketik dikonfirmasi KabarMalut, Selasa (16/7/2019).

Saat ini pihaknya juga telah menurunkan dua tenaga medis bersama relawan dari Pertamina di Desa Yomen. Sedang yang lainnya diturunkan di Desa Saketa bersama obat-obatan dan makanan tambahan untuk balita. Desa Saketa juga dijadikan posko kesehatan dari Kabupaten untuk berkoordinasi tim kesehatan dari provinsi.

“Saat ini tim kesehatan dari Korem mereka sudah koordinasi di Puskesmas Saketa,” kata Ahkamd.

Lanjutnya, Posko Kesehatan di Desa Saketa dibentuk untuk mengkoordinasikan tim-tim kesehatan yang masuk melakukan pelayanan di desa-desa yang mengalami gempa bumi.

“Tadi pak Bupati telepon untuk tambahan perawat di desa-desa. Kita siapkan 10 tenang medis, namun sore ini tidak bisa diberangkatkan karna cuaca, rencana besok pagi ke Saketa,” ucapnya.

Selain tenaga medis dan obat-obatan, Pemerintah Kabupaten juga sudah mendistribusikan logistik berupa makanan dan air minum serta kebutuhan lainnya menggunakan satu unit Kapal reguler dari Pelabuhan Babang dengan tujuan wilayah pesisir Gane Barat, Gane Barat Selatan dan sekitarnya.

“Tadi pagi bantuan kami distribusikan dan pak Bupati juga ikut bersama,” tutut  Plt Kepala BPBD Djamil Efendi. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut