100 Personel Brimob Polda Malut Digeser ke Papua dan Papua Barat

  • Whatsapp
Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Suroto, melakukan pengecekan pasukan pada Upacara Pelepasan Personel BKO Sat Brimob Polda Maluku Utara dalam rangka pengamanan di Polda Papua dan Papua Barat (Foto: Istimewa)

TERNATE –  Sebanyak 100 personel anggota Satuan Brimob Polda Maluku Utara (Malut) digeser ke Papua dan Papua Barat untuk melaksanakan tugas Bantuan Kendali Operasi (BKO) dalam menyikapi situasi keamanan di Papua dan Papua Barat.

Kapolda Malut Brigjen (Pol) Suroto mengatakan, 100 personel Brimob yang dikirim ke Papua dan Papua Barat atas perintah Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk malaksanakan tugas BKO atas situasi konflik herizontal di Papua dan Papua Barat. Polda Malut hanya mengirimkan pasukan, nanti Polda Papua dan Polda Papua Barat yang mengatur penugasan di sana tergantung pertimbangan situasi d isana dengan tujuan memulihkan situasi saat ini.

Muat Lebih

“Meskipun di Papua dan Papua Barat saat ini situasinya sudah pulih, namun demi membantuh masyarakat Papua berbagai macam, sehingga di Papua bisa kembali kondusiflah, satu SSK 100 orang anggota Brimob Polda Maluku Utara untuk BKO berangkat ke Papua besok menuju Timika,” tuturnya .

Jenderal bintang satu ini mengaku belum bisa memastikan lamanya tugas BKO yang dipimpin Iptu Nadar Surabi di Papua dan Papua Barat. Penarikan personel BKO dilakukan berdasarkan perintah Mabes Polri.

“Tergantung yang diberlakukan di sana kalau situasi sudah kondusif maka akan dikembalikan. Jadi mudah-mudahan maslah cepat selesai dan segera kembali lah,” akunya.

Dirinya mengimbau kepada porsonel yang berangkat agar menjaga kekompakan, kesatuan dan terutama meningkatkan keimanan dan ketakwaan sebagai benteng Polri, tujuan BKO ke Polda Papua dan Papua Barat adalah tugas kemanusian bukan berperang melawan masyarakat Papua.

“Misihnya itu untuk menjaga kesatuan dan membantua saudara-saudara kita di Papua,” pungkasnya. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *