Atasi Krisis Air Bersih, Pemda Pulau Morotai Bangun 6 Sumur Bor 

  • Bagikan
Dirut PDAM Pulau Morotai, M Umar Ali, saat meninjau lokasi pembangunan bak sumur bor (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA  – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai, terus berupaya mengatasi masalah krisis air bersih oleh masyarakat. Pemda Pulau Morotai telah mendapat bantuan pembangunan 6 sumur bor dari Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dirut Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Pulau Morotai, M Umar Ali mengatakan 6 unit sumur bor yang sedang dikerjakan pihak ketiga, akan mengatasi permasalahan kelancaran air bersih demi kebutuhan masyarakat.

“Sebanyak 6 unit sumur bor di sebelah kanan jembatan menuju RSUD itu, untuk membantu kebutuhan masyarakat yang selama ini dikeluhkan,” ungkap Umar kepada wartawan saat meninjau lokasi pembangunan sumur bor, Selasa (10/9).

Menurutnya, adanya pembangunan 6 unit sumur bor ini, maka semua masyarakat yang ada di dalam Kota Daruba sudah lancar menikmati air bersih, karena sumur dibangun ini mampu memproduksi lima liter air per detik untuk masing-masing sumur.

“Lokasi itu juga terdapat debit airnya sangat bagus, sehingga suplai air yang nantinya disalurkan itu 6 sumur bor ke bak penampungan yang berada di Lemonade, dan setelah itu baru disalurkan ke dalam Kota Daruba,” tutur Umar.

Di kesempatan yang sama,  salah satu pengawas proyek Rahmat mengaku pekerjaan sumur bor di Kecamatan Morotai Selatan oleh CV Mucthir Jaya dengan total anggaran Rp 8,6 miliar lebih itu,  diupayakan bakal segera selesai sebelum masa kotrak selesai. Bahkan progresnya sudah mencapai 70 persen.

“Pekerjaan 6 sumur bor ini sudah 70 persen, saat ini tinggal pemasangan jaringan (Pipa). Tapi sebagian jaringan sudah terpasang sekitar 2-3 kilo, dan galian untuk menanam pipa juga sudah sampai 1,4 kilo,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut