Besok, Bawaslu Panggil Dua ASN Halsel

  • Whatsapp
Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Halmahera Selatan, Rais Kahar (Foto: Dahbudin/KabarMalut)

LABUHA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Baswaslu) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), menjadwalkan Kamis (17/10) besok, memanggil dua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Halsel, yang diduga memosting dan komentar di media sosial (facebook) terkait dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Halsel. Kedua ASN tersebut yakni Kepala Bidang Asset, Etose Lajame dan salah satu pegawai di Kantor Camat Gane Barat bernama Arman Banjar.

“Besok kami layangkan surat panggilan kepada kedua ASN tersebut,” kata Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Halsel, Rais Kahar ketika ditemui di kantor Bawaslu Halsel, Rabu (16/10/2010).

Muat Lebih

Menurut Rais, keterlibatan ASN dalam politik praktis sudah diatur dalam UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negri Sipil serta Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negri Sipil.

“Sudah ada ketegasan dari Kemenpan-RB dan KASN, untuk ASN supaya menjaga netralitas pada saat pelaksanaan Pilkada. Salah satunya ASN dilarang mengunggah, menaggapai seperti like, komentar dan sejenisnya atau menyebarluaskan gambar atau foto dan visi misi bakal calon kepala daerah di media sosial,” ungkap Rais.

Selain itu, kata Rais, Bawaslu juga telah kirim dua surat ke Bupati Halsel Bahrain Kasuba. Surat pertama yang dikirim terkait dengan roling jabatan menjelang tahapan Pilkada dan surat yang kedua terkait netralitas ASN maupun perangkat desa.

“Kita sudah menyurat semua. Tahapan sudah jalan di tanggal 1 Oktober, jadi merasa diri ASN atau aparatur desa jangan lagi mengambil langkah like maupun postingan di media sosial,” pungaks Rais. (Ajo)

Pos terkait