KPU Pulau Morotai Harap Tak Ada PSU Pilkada 8 Kabupaten/Kota di Malut

  • Bagikan
Ketua KPU Pulau Morotai, Irwan Abbas (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pulau Morotai, berharap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 pada 8 kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara (Malut), bisa berlangsung baik dan aman serta tidak terjadi Pemungutan Suara Ulang.

“Komitmen KPU Malut dalam melaksanakan kegiatan itu menginginkan agar tidak ada Pemungutan Suara Ulang (PSU). Tetapi biasanya PSU juga menjadi istiar KPU sehingga itu dilakukan,” ungkap Ketua KPU Pulau Morotai, Irwan Abbas ketika dikonfirmasi, Rabu (20/11/2019).

Irwan memyebutkan, Pilkada serentak 2020 di Malut hanya 8 kabupaten/kota, minus Kabupaten Pulau Morotai dan Halmahera Tengah yang tidak mengadakan Pilkada. Sehingga Pilkada serentak nanti, KPU Pulau Morotai bakal tetap standby melaksanakan kegiatan seperti biasa.

Namun pengalaman sebelumnya di Pilkada 2018, jika terjadi PSU maka KPU kabupaten/kota sering dimintai membantu mendampingi KPU yang daerahnya dilaksanakan PSU. Terutama pendampingi anggota KPPS atas permintaan KPU Provinsi.

“Waktu terjadi pemilihan ulang di 50 TPS pada 2018 dan di enam desa Halut-Halbar, kami (KPU Morotai) mendampingi KPU Sula (Kepsul),” tutur Irwan .

PSU sangat mudah terjadi, karena ketika satu pemilih kemudian menggunakan hak pilih dua kali, pasti berpotensi PSU. Untuk itu perlu adanya integritas tingkat bawah dengan harapan di 8 kabupaten/kota tidak ada PSU. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut