Jelang Operasi Lilin, Polairud Malut Siapkan Altsus SAR

  • Bagikan
Direktur Polairud Polda Maluku Utara, AKBP R Djarot Agung Riadi saat memeriksa alat-alat Operasi Lilin Kie Raha 2019 dan Tahun Baru 2020 (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Jelang Operasi Lilin Kie Raha 2019 untuk Natal dan Tahun Baru 2020, Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Maluku Utara (Malut), mulai menyediakan sejumlah alat khusus (Altsus) Search and Rescue (SAR) yang hendak digunakan.

Direktur Polairud Polda Malut, AKBP Djarot Agung Riadi mengatakan telah mempersiapkan Altsus SAR untuk medukung Operasi Lilin Kie Reha 2019. Tentunya Altsus tersebut harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum operasi berlangsung.

“Setelah dicek alat-alat ternyata semua alat masih siap dipakai,” kata Djarot kepada KabarMalut usai pemeriksaan, Selasa (10/12/2019).

Polairud memiliki sejumlah alat seperti alat pemotongan baja yang fungsinya jika ada korban diatas kapal terkurung, bisa dibuka dengan menggunakan alat tersebut. Alat ini diakui cukup canggih karena dalam alat juga bisa menggunakan dengan alat pompa.

“Ada juga beberapa alat seperti alat pemadam api, alat las bisa gunakan dalam air jika kapal tersebut tenggelam bisa las dalam air, alat pendeteksi suhu tubuh, itu misalkan saat malam hari tertimbah musibah bisa digunakan dengan alat itu, speed boat karet, alat penyodot air dan alat diving. Itu bisa terkoneksi dalam air dengan orang yang diatas, alat tersebut kondisinya baik siap digunakan kapan saja,” terangnya.

Meski begitu, Djarot juga mendoakan agar tidak ada korban saat masyarakat melaksanakan perjalanan mudik Natal dan Tahun Baru. Sebab biasanya jelang Natal dan Tahun Baru  masyarakat banyak yang menggunakan sarana transportasi air.

“Karena di Malut ini 75 persen adalah air. Untuk itu kami semua sudah siapkan alat-alat agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut