Kurangi Sampah Plastik, Bupati Pulau Morotai Wajibkan ASN Bawa Botol Minum Sendiri

  • Bagikan
Bupati Pulau Morotai, Benny Laos (Istimewa)

DARUBA – Sebagai wujud nyata kampanye pengurangan sampah plastik, Bupati Pulau Morotai Benny Laos mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, membawa botol minum sendiri. Kewajiban itu dituangkan dalam Surat Edaran Bupati Pulau Morotai nomor: 004.6/26/PM/1/2020 tertanggal 20 Januari 2020.

Dalam Surat Edar tersebut menjelaskan dalam rangka mengurangi limbah sampah berbahan plastik, terutama minuman dalam kemasan air mineral dan sejenisnya (botol kemasan sekali pakai buang), dengan ini disampaikan kepada seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyediakan tempat air minum (Dispenser) di lingkup kerja masing-masing.

Benny Laos juga mengimbau kepada ASN, mengkonsumsi air minum pada saat melakukan aktivitas pekerjaan di luar maupun di dalam area perkantoran. Semua aparatur diwajibkan membawa botol minuman sendiri guna menjaga kelestarian lingkungan di Kabupaten Pulau Morotai.

Surat Edaran Bupati Pulau Morotai yang ditujukan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (Istimewa)

Asisten II Setda Pulau Morotai, Suryani Antarani ketika dikonfirmasi membenarkan surat edaran dari bupati tersebut. Gerakan mengurangi limbah plastik juga telah diberlalukan oleh hampir semua kementerian.

“Dari kementrian sudah berlakukan itu (pengurangan limbah plastik), tujuanya agar suapaya kita mengurangi botol plastik. Kita jaga kerusakan lingkungan, salah satunya itu karena kita lihat botol plastik biasanya terapung di pantai itu paling banyak, jadi saat ini kita bawa botol minuman sendiri, air sudah disiapkan di kantor,” kata Suryati kepada KabarMalut, Minggu (2/2/2020).

Pembawaan botol air minum juga dilarangan dalam bentuk kemasan plastik, sehingga tidak diperbolehkan membawa air mineral berkemas plastik. Sebab di setiap kantor telah disediakan air minum.

“ASN Morotai diwajibkan bawa botol minuman, nanti di kantor ada ketersedian dispenser tidak lagi membeli air mineral, cukup bawa botol minuman saja,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut