Pemkab Halsel Siapkan Strategi Cegah Virus Covid-19

  • Bagikan
Juru Bicara Tim satgas Gugus Penanggulangan Virus Covid-19 Halmahera Selatan, Helmi Surya Botutihe (kiri) didampingi Ketua Satgas Daud Jubedi (Dahbudin/KabarMalut)

LABUHA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melalui Tim Satgas Gugus Penanggulangan Virus Covid-19 atau Corona menerapkan berbagai macam strategi untuk mencegah masuknya virus corona di Halsel khususnya di Labuha.

Juru Bicara Satgas Gugus Penanggulangan Virus Covid-19 Halsel, Helmi Surya Botutihe menjelaskaan saat ini Satgas membatasi perjalanan atau pelayaran kapal-kapal dari Ternate ke Bacan dan dari Bacan ke Ternate dengan cara mengurangi frekwensi pelayaran. Sebelumnya dalam satu malam ada dua kapal yang melakukan pelayaran dari Ternate menuju Bacan dengan tujuan pelabuhan Babang dan Kupal, namun dengan adanya kebijakan ini maka pelayaran dua kapal ini dikurangi.

“Jadi misalnya malam ini yang berangkat itu dari Ternate tujuan Kupal maka Ternate Babang stop dulu, besoknya baru Ternate Babang, Ternate Kupal stop dulu. Jadi tidak dua-duanya sekaligus. Ini kita sudah dilakukan,” kata Helmi.

Selain pembatasan frekuensi pelayaran, Tim Satgas juga menerapkan sosial distancing (jaga jarak) di setiap kapal yang melakukan pelayaran. Tim Satgas telah meminta pihak kapal menjual tiket dengan nomor ganjil. Sehingga di tengah-tengah ada jarak antar satu penumpang dengan penumpang lain.

“Penumpang itu tidak terlalu berdekatan,” sebut Helmi.

Selain di kapal jaga jarak juga diterapkan di kantor pelayanan pasien di RSUD Labuha, bank dan perkantoran di lingkup pemerintah.

“Termasuk di posko penanggulangan virus Corona. Minimal jarak satu meter itu harus ditaati,” ucap Helmi.

Selain itu, Satgas Gugus Penanggulangan Covid-19 juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempa keramaian seperti Pelabuhan Kupal, Babang Pasar dan beberapa perkantoran termasuk bank. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut