Polda Malut Siap Proses Hukum Penyelewengan Anggaran Covid-19

  • Bagikan
Direktur Reskrimsus Polda Maluku Utara, Kombes Pol Alfis Suhaili (Yasim/KabarMalut)

TERNATE– Direkorat Reserse Kriminal Khusus ( Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara (Malut) akan melakukan pengawalan anggaran penanganan Covid-19. Jika anggaran tersebut terdapat penyelewengan dan diberikan tidak tepat sasaran atau tidak memberi asas menfaat, Polda Malut siap mengusut secara hukum.

Direktur Reskrimsus Polda Malut, Kombes Pol Alfis Suhaili mengaku tanggap darurat bencana Covid-19 sesuatu yang serius. Kebijakan pemerintah memfokuskan anggaran itu kepada Satgas Penanganan Covid-19 yang artinya digunakan harus tepat sasaran. Termasuk seluruh aparatur negara harus melaksanakan fungsi dan tugasnya lebih optimis.

“Pengawasan ini didalamnya ada Polri, Kejaksaan dan KPK,” ujar Alfis di ruang kerjanya, Rabu (15/4/2020).

Alfis menambahkan, kalaupun anggaran itu tidak memenuhi asas manfaat atau tidak tepat sasaran maupun terdapat penyimpangan serta kerugian negara, sudah tentu para penanggung jawab anggaran bakal diproses secara hukum sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Sebanarnya porsi anggaran ini sama dengan angaran yang lain. Jadi pada prinsipnya anggaran negara ini wajib dilakukan pengawasan dengan kondisi saat ini sehingga akan difokuskan kesitu,” tegas Alfis.

Alfis menegaskan jika terdapat adanya laporan masyarakat terkait penyimpangan anggaran Covid-19, tetap ditindak lanjuti. Bukan hanya Ditreskrimsus Polda Malut, namun juga di Polres jajaran. Tergantung lokus kejadian perkaranya dilakukan penyelidikan.

“Kalau lingkupnya di berbagai daerah dengan saksi tersebar maka ditangani Ditreskrimsus Polda Malut. Intinya secara normatif kita wajib melakukan pengawasan anggaran Covid-19 itu,” tegas Alfis.  (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut