Kades Belo Undur Diri, Ketua Pemuda Desak Pemda Tak Cairkan DD dan ADD 2020

  • Whatsapp
Ketua Pemuda Desa Belo,Gunawan Banapon (Istimewa)

BOBONG – Kepala Desa (Kades) Belo, Kecamatan Taliabu Timur  Selatan, Irma Liambana beberapa waktu lalu telah mengundurkan diri dari jabatan dan kini sedang diproses Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ke Bupati Pulau Taliabu. Atas kekosongan itu, Ketua Pemuda Desa Belo Gunawan Banapon mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Taliabu agar tidak mencairkan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Belo tahun 2020 hingga adanya pengganti Kades.

“Kami meminta Kabag Keuangan Kabupaten Pulau Taliabu agar tidak memproses dan menahan sementara seluruh permohonan pencairan DD dan ADD yang diajukan mantan Kades Belo, Irma Liambana sampai ada keputusan Bupati Pulau Taliabu terkait Pj Kades Belo,” ungkap Gunawan kepada KabarMalut melalui pesan WhatsApp , Senin (22/6/2020).

Gunawan mengaku Desa Belo kini kekosongan jabatan Kades, maka warga mendesak Camat Taliabu Timur Selatan segera berkoordinasi dengan Pemda untuk segera menunjuk Penjabat Kades dalam waktu dekat. Bila penunjukan penjabat membutuhkan waktu lama, maka warga meminta Pemda menunjuk Sekretaris Desa, Dahlan Duwila sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kades.

“Kami minta Pemda memberikan kepastian hukum dan menjadi dasar Sekdes dalam menjalankan roda pemerintahan di desa dan memberi pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Para Pemuda Desa Belo juga meminta mantan Kades Belo, Irma Liambana agar tidak lagi berupaya mengendalikan pemerintahan di desa dan konsisten dengan pengunduran dirinya serta menghentikan seluruh aktifitas yang berkaitan dengan jabatan Kades. (*)

Pos terkait