Polres Haltim Gelar Latihan Pra Operasi Bina Kusuma 2020

  • Bagikan
Latihan Pra Operasi Kusuma II Kie Raha 2020 di Polres Halmahera Timur (Istimewa)

MABA – Polres Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara, menggelar Latihan Pra Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2020.  Kegiatan berlangsung di Gedung Tri Brata Polres Haltim ini dipimpin Waka Polres Haltim Kompol Muhammad Arif dan dihadirin Kabag Ops  AKP Jamaludin, para Kasat, Kapolsek, para perwira dan 22 anggota yang terlibat operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2020.

Waka Polres Kompol Muhammad Arif melalui Kasubag Humas IPTU Jufri Adam menyampaikan, latihan operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2020 dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 6-20  Juli 2020, merupakan Operasi Kepolisian dengan bentuk operasi Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) dalam mencegah wabah Covid-19 dengan mengedapankan Polisi  berseragam, diarahkan pada sasaran Potensi Gangguan (PG) dan Ambang Gangguan (AG) agar tidak terjadi Gangguan Nyata (GN).

“Tujuan Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2020 untuk mencegah dan menangkal segala bentuk tindakan kriminal atau kejahatan yang diakibatkan oleh prilaku atau tindakan preman dan premanisme, akibat dari gejolak sosial ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” kata Jufri dalam keterangan tertulis yang diterima KabarMalut, Senin (6/7/2020).

Sasaran operasi, lanjut Jufri, tempat- tempat atau lokasi yang dimungkinkan dapat dipergunakan untuk melakukan aksi preman dan premanisme seperti terminal angkot, terminal pelabuhan penyebrangan, areal perbelanjaan umum, parkiran umum serta lokasi lainya.

“Target operasi yakni preman yang meresahkan masyarakat dan penyakit masyarakat. Pencegahan preman dan premanisme yaitu mencegah orang tertentu dan menciptakan rasa kedamaian atau rasa keamanan serta tempat tertentu yang rawan dengan gangguan Kamtibmas di wilayah  Kabupaten Halmahera Timur,” terang Jufri.

Jufri mengaku dalam kesempatan tersebut, Waka Polres dan Kabag Ops memberikan arahan kepada para perwira yang ditunjuk  sebagai Kasatgas dalam Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2020 mengendalikan  anggota Satgas, mengetahui tugas dan tanggung jawab guna tercapainya  operasi Kepolisian yang dilaksanakan.

“Waka Polres selesai arahan yang disampaikan kemudian dilanjtkan dengan pemberian materi masing- masing Kasatgas agar pelaksanaan operasi sesuai dengan harapan dan hasil yang maksimal,” jelasnya.

Personil Operasi Bina Kusuma tetap mengimbau kepada warga Haltim agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah, selalu menjaga jarak, selalu utamakan kebersihan lingkungan dan tempat tinggal, sehingga dapat memutus mata rantai  virus corona. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut