16 Tim Gustu Covid-19 Pulau Taliabu Dinyatakan Reaktif Rapid Test

  • Bagikan
Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Pulau Taliabu saat menyampaikan hasil rapid test (Hamsan/KabarMalut)

BOBONG – Sebanyak 16 orang Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, dinyatakan reaktif dalam rapid test virus corona. Terdapat pula satu warga pelaku perjalanan dari Kota Ternate juga dinyatakan reaktif rapid test ketika menjalani pemeriksaan di Pulau Taliabu.

“Jadi total yang reaktif melalui hasil rapid test yaitu sebanyak 17 orang, diantaranya 16 orang petugas Tim Gugus dan yang 1 orangnya lagi itu pelaku perjalanan. Pelaku perjalanan ini dia dari Ternate datang di Taliabu untuk ziarah kubur, tapi kemudian dia reaktif saat di rapid test,” ungkap Sekertaris Tim Gustu Percepatan dan Penanganan Covid-19 Pulau Taliabu, Sutomo Teapon kepada wartawan, Kamis (16/7/2020).

Untuk 16 Tim Gustu yang dinyatakan reaktif tersebut, Sutomo mengaku hasil rapid test dilakukan pada waktu dan tanggal yang berbeda-beda.

“Tanggal 13 Juli itu 4 orang, tanggal 14 Juli itu 4 orang dan tanggal 15 Juli bertamba 8 orang lagi, makanya total ya 16 orang Tim Gustu Covid-19 Pulau Taliabu yang dinyatakan raektif,” terangnya.

Setelah dinyatakan reaktif dalam rapid test, ke-16 putugas Tim Gustu diberikan kelonggaran memilih tempat karantina untuk penanganan lebih lanjut. Tujuannya agar para pasien reaktif tidak stres dan masyarakat pun tidak merasa panik atas wabah ini.

“Jadi tempat karantina itu ada di penginapan dan rumah sakit yang sudah disiapkan. Akan tetapi juga kami memberikan kelonggaran pada pasien untuk memilih tempat karantina kalau mau karantina mandiri juga bisa, tapi tetap diawasi oleh tim medis sesuai protokol kesahatan serta rumahnya memenuhi syarat,” kata Sutomo.

Meski dinyatakan reaktif rapid test, Sutomo mengatakan Tim Medis juga sudah melakukan tes swab terhadap 17 pasein dan akan dibawa ke Ternate untuk diketahui hasilnya.

“Jumat besok hasil sweb akan dibawa ke Ternate dengan kapal Al-Sudais. Selanjutnya kita tinggal menunggu hasil swabnya saja, semoga tidak positif,” tutunya.

Tim Gustu Percepatan dan Penanganan Covid-19 Pulau Taliabu mengimbau sulruh masyarakat agar tidak panik dengan kejadian ini dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Tetap jaga jarak, tetap cuci tangan, tetap pake masker dan jangan berkerumun,” imbaunya.

Hingga kini Pulau Taliabu masi tergolong dalam katagori zona hijau dari wabah viru corona. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut