Kawasan Bisnis Halsel Segera Beroperasi

  • Whatsapp
Saruma CBD (Humas Setda Halsel)

LABUHA – Kawasan Bisnis Halmahera Selatan (Halsel) yang terletak di Desa Tuwokona Kecamatan Bacan Selatan, direncanakan akan segera beroperasi.

Pembangunan Kawasan Bisnis yang terdiri dari 8 bangunan yaitu satu bangunan Mini Mall dan tiga bangunan Pasar Basah diantaranya dua bangunan untuk sayur-sayuran serta satu bangunan untuk pasar ikan dan daging saat ini telah dipersiapkan.

Bupati Halsel, Bahrain Kasuba mengungkapkan bahwa telah dilakukan beberapa persiapan untuk pengoperasian kawasan bisnis, diantaranya penyiapan jalur lalu lintas di dalam kawasan pasar, penyiapan prkiran dan memastikan seluruh sarana prasarana berfungsi terutama listrik, air bersih, air asin, drainase, pengolahan sampah sampai pada Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola pasar.

“Selain itu juga sedang dipersiapkan terkait dengan protokol kesehatan seperti pintu masuk dan keluar serta sarana cuci tangan,” ungkap Bahrain, Senin (20/7).

Bupati juga menjelaskan terkait relokasi pedagang, sementara ini dalam proses. Dimana pihak Koperindag telah mengadakan pengundian kios dan los bagi pedagang yang dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Dari keseluruhan proses dan tahapan pemindahan ditargetkan awal bulan Agustus 2020 seluruh Pedagang Pasar Tembal bisa direlokasi ke Kawasan Bisnis di Desa Tuwokona dengan menempati los dan kios-kios yang telah disiapkan. Adapun jumlah kios sebanyak 112 unit, los 360 dan los terbuka 180 unit,” tandasnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe mengatakan bahwa terkait peresmian Kawasan Bisnis ini menunggu semua persiapan selesai.

“Peresmian akan dilakukan setelah proses pemindahan pedagang selesai dan semua sarana prasarana pasar siap maka kami akan meminta kesediaan Bupati untuk dapat meresmikan Kawasan Bisnis ini,” singkatnya. (Humas/LS)

Pos terkait