Polisi Mulai Selidiki Postingan Akun Facebook Melin Imel

  • Bagikan
Kasubdit V Sub Direktorat Tindak Pidana Cyber Ditreskrimsus Polda Maluku Utara,Kompol H. Zainal Abidin (Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Dunia jagat maya geram dengan postingan salah satu akun facebook @Melin Imel yang diduga mengandung Suku, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA). Dalam postingan pada group facebook Pilkada Halmahera Selatan 2020 Rabu (22/7) itu, akun @Melin Imel menyebutkan tiga suku di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) merupak Budak.

Penyidik Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara (Malut), mulai selidiki pemilik akun tersebut. Bahkan Polisi telah menerima pengaduaan dari masyarakat atas postingan yang meresahkan dan mengganggu Kamtibmas ini.

Direktur Reskrimsus Polda Malut, Kombes Pol Alfis Suhaili melalui Kasubdit V Sub Tindak Pidana Cyber, Kompol H Zainal Abidin mengaku pihaknya sudah melakukan profiling terhadap akun menyiarkan postingan mengandung SARA itu. Penyelidikan ini tidak serta merta untuk menemukan orang yang dituding sebagaimana dalam pengaduan, melainkan memastikan siapa pemilik akun @Melin Imel.

“Penyelidikan akun tersebut harus memastikan bahwa apakah akun tersebut benar-benar milik dari yang bersangkutan atau kah memang bisa dipakai oleh orang lain,” kata Zainal saat dikonfirmasi KabarMalut di ruang kerjanya, Kamis (23/7/2020).

Zainl menunturkan terkait dengan kasus ini, Polda Malut juga sudah kordinasi dengan Polres Halsel guna sama-sama menyelidiki dan mengungkap siapa pemilik akun.

“Jadi kami sudah kordinasikan dengan Kasat Rekrim Polres Halsel, kita tunggu sehari dua baru kami sampaikan kepada rekan-rekan media,” tegasnya.

Polda Malut menghimbau kepada masyarkat dalam momentum Pilkada 2020 ini, terutama para simpatisan pasangan calon agar mengunakan media sosial sebagai sarana bertukar informasi dengan baik serta kegiatan-kegiatan yang bersifat positif dan tidak saling menghujat.

“Apapun yang dilakukan kami tetap pantau terus di media sosial, jika itu bertantangan dengan hukum kita akan proses,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut