Positif Covid-19 di Pulau Morotai Capai 82 Orang, Julius: Tidak Ada yang Terkonfirmasi Transmisi Lokal

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Pulau Morotai, Julius Giscard Croons (Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, kini mencapai 82 kasus. Namun para pasien yang terkonfirmasi positif tersebut, semuanya merupakan pelaku perjalanan luar Morotai.

“Morotai tidak ada yang terkonfirmasi (positif) transmisi lokal, banyak kita dapat dari pelaku perjalan dari luar misalnya dari Ternate ke Morotai,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Pulau Morotai, Julius Giscard Croons ketika dikonfirmasi, Kamis (13/8/2020).

Bacaan Lainnya

Julius juga mengaku hingga saat ini belum kasus kematian pasien positif Covid-19 di Pulau Morotai. Bahkan dari 82 orang pasien positif, 60 orang diantaranya dinyatakan telah sembuh.

“Jadi kita tetap intens pada kegiatan pencegahan dan deteksi dini di setiap pintu masuk, baik kapal maupun speed boat. Intinya kita tidak mengendorkan kegiatan kita,” terangnya.

Dengan adanya sistem karantina yang diterapkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kepada setiap orang yang masuk ke Pulua Morotai, lanjut Jelisu, sehingga tidak terjadi transmisi lokal. Bahkan saat ini pelaku perjalanan dari Kota Ternate tetap diawasi ketat oleh Gustu.

“Masih aman belum ada transmisi lokal, kita jadikan tolak ukur dari Ternate saja. Karena kita pernah dapat satu kapal itu 19 reaktif dan setelah disweb 10 positif,” cetusnya.

Dirinya juga menambahkan untuk Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dijanjikan BNPB Pusat, rencana akan didatangkan di Pulau Morotai kini sedang siapakan ruagannya.

“Kita sini siapkan ruangan karena ruangan harus  bertekanan negativ, selanjutnay dokter spesialis yang nanti bertanggung jawab untuk menjalankan alat itu,” pungkasnya. (*)

Pos terkait