Pembangunan Infrastruktur Satu Dekade Walikota Ternate Hi Burhan Abdurrahman

  • Bagikan
Parkiran Pelabuhan Semut Mangga Dua (Dok. PUPR)

TERNATE – Kepemimpinan Walikota Ternate Hi Burhan Abdurrahman resmi berakhir Rabu (17/2/2021). Selama memimpin Kota Ternate sejak tahun 2011-2021, sejumlah perubahan perbangunan pun berhasil dilakukan oleh pria yang biasa disapa Hi Bur ini.

Pasar Kerajinan Gamalama (Dok. PUPR)

Selama satu dekade terakhir atau dimasa jabatan Walikota Hi Burhan Abdurrahman, wajah Kota Ternate banyak mengalami perubahan yang cukup signifikan. Terutama ruang terbuka hijau, dengan dibangunnya sejumlah taman tersebar dalam pusat Kota Ternate.

Landmark Ternate (Dok. PUPR)

Seperti halnya pembangunan Landmark Ternate, Taman Nukila, Pantai Falajawa, Taman Film, Taman Kota Ternate dan lainnya yang menjadi minat masyarakat untuk selalu mengunjungi.

Bank Syariah PT BPRS Bahari Berkesan (Dok. PUPR)

Di bidang infrastruktur, begitu nampak banyak berdirinya gedung kantor baru, baik milik intansi pemerintah daerah maupun milik lembaga vertikal sekalipun ikut dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate.

Kantor Polsek (Dok. PUPR)

Tercatat, pada sektor pembangunan gedung kantor terdapat 44 unit kantor. Begitu juga pembangunan sarana ibadah dan penunjangnya yakni sebanyak 6 unit.

Laboratorium dan Apotek Bahari Berkesan Ternate (Dok. PUPR)

Sementara pada infrastruktur jalan dan jembatan, di tangan Hi Burhan Abdurrahman Dinas PUPR telah membangun jalan sepanjang 4,04 kilometer dan sepanjang 24,17 kilometer menjadi tanggung jawab pemelihataan. Sedangkan jembatan yang tersebar di Kota Ternate, dibangun sebanyak 15 unit.

Pekerjaan jalan dan jembatan (Dok. PUPR)

Pada sektor pembangunan pelayanan air minum dan air baku, dibangun 26 unit Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM). Untuk sambungan air minum ke rumah sebanyak 2.316.

Sarana penunjang sanitasi (Dok. PUPR)

Tak hanya itu, sejak tahun 2011 atau tepatnya dimasa kepemimpinan Hi Bur, banyak kawasan ekonomi baru dibangun dan mengalami perkembangan. Tercatat sebanyak 12 unit pasar dan 24 unit Ruko telah dibangun Dinas PUPR.

Pembangunan Ruko (Dok.PUPR)

Diakhir kepemimpinan, Hi Bur pun berhasil membangun salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap di Kota Ternate yakni Plaza Gamalama Modern. Kehadirian Plaza Gamalama juga diharapkan menjadi aikon baru ekonomi di Ternate dan bisa menyerap tanaga kerja.

Plaza Gamalama Modern (Dok. PUPR)

Bahkan pembangunan kawasan ekonomi baru hingga kini terus digenjot Pemerintah Kota Ternate. Hal ini telihat jelas pada pembangunan reklamasi pantai di wilayah Kelurahan Dufa-Dufa, Salero dan Kayu Merah-Kalumata.

Reklamasi Kalumata (Dok. PUPR)

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut