BPKP Serahkan LHP Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Malut ke Gubernur

  • Bagikan
Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Aryanto Wibowo menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan (LHP) atas Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan di Malut tahun 2020 kepada Gubernur Abdul Ghani Kasuba (Istimewa)

TERNATE – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Maluku Utara (Malut) menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan (LHP) atas Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan di Malut tahun 2020 ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut.

Penyerahan dilakukan langsung Kepala BPKP Perwakilan Malut, Aryanto Wibowo kepada Gubernur Malut Abdul Ghani Kasuba yang berlangsung di ruang kerja Gubernur Malut dengan menerapkan protokol kesehatan, Senin (26/4/2021).

Pada kesempatan ini, Kepala BPKP Perwakilan Malut, Aryanto Wibowo menyampaikan bahwa LHP tersebut bertujuan untuk melaporkan kegiatan-kegiatan pengawasan yang telah dilakukan BPKP kepada Pemerintah Provinsi Malut.

Adapun pengawasan yang telah dilaksanakan oleh BPKP di tahun 2020 meliputi Bidang Kesehatan, Kesejahteraan Rakyat, Pengadaan Barang dan Jasa, Program Strategis Nasional (PSN) dan lain sebagainya.

“Laporan ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi Gubernur Malut, dalam meningkatkan kualitas pengelolaan dan akuntabilitas serta pembangunan dan juga memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan strategis,” kata Aryanto.

Selanjutnya, Aryanto juga menyampaikan bahwa sebanyak 9 kabupaten/kota dan Pemerintah Provinsi telah berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020.

Selain itu, Aryanto juga menyampaikan rencana pelaksanaan Kegiatan Rakorwasin Daerah yang akan mengundang Irjen Dagri, KPK, Gubernur, Wali Kota/Wawali, Bupati/Wakil Bupati dan seluruh Inspektur di Provinsi Maluku Utara.

“BPKP Maluku Utara pada tahun ini akan melaksanakan pengawasan isu strategis atas Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan KEK Morotai. Diharapkan pengawasan ini dapat mendukung keberhasilan program strategis Provinsi Maluku Utara,” pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam penyerahan itu Kepala BPKP Perwakilan Malut, Aryanto Wibowo didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Zulkifli, Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang IPP Wahyu Hartono dan Korwas Bidang Investigasi Mohamad Riyanto.

Sementara itu, Gubernur didampingi oleh Inspektur Provinsi Malut Nirwan M.T Ali dan Kepala Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik (PKKP) Rahwan K Suamba. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut