Tinjau Kesiapan PSU di Halut, Kapolda Malut: Pastikan Masyarakat Dapat Menggunakan Hak Suaranya

  • Bagikan
Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol Risyapudin Nursin bersama PJU Polda Malut saat meninjau kesiapan PSU di TPS khusus PT NHM sambil berdialog dengan PPK Kecamatan Malifut (Istimewa)

TERNATE – Kapolda Maluku Utara (Malut), Irjen (Pol) Risyapudin Nursin didampingi sejumlah pejabat utama (PJU) Polda meninjau langsung kesiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Pilkada Halmahera Utara (Halut) yang akan dilaksanakan Rabu (28/4) besok.

Dalam peninjauan tersebut, Kapolda melihat secara langsung pengamanan dan pendistribusian logistik Pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga ke tingkat Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta pengamanan proses. Kapolda dan rombongan juga menyambangi Pos pengamanan Polisi dan lokasi TPS di Desa Tetewang, Rawajaya dan dua TPS khusus di PT NHM Kecamatan Malifur.

Kapolda Malut menyampaikan, Polda Malut siap melaksanakan pengamanan PSU baik kesiapan peralatan serta kesiapan Personel.

“Pastikan masyarakat dapat menggunakan hak suaranya dengan aman dan nyaman,” ujar Kapolda Malut, Risyapudin kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).

Risyapudin juga menekankan seluruh petugas keamanan wajib netral dalam bertugas serta laksanakan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ada serta lakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan.

Dalam pengecekan tersebut, Kapolda juga menekankan kepada personil pengamanan TPS, PPS serta perangkat desa agar dalam pendistribusian dokumen C-6 surat undangan pemungutan suara harus benar-benar tersampaikan kepada yang berhak memilih.

“Apabila tidak tersampaikan petugas harus memiliki bukti, alasan yang kuat dan dapat dipertanggung jawabkan,” tegasnya.

Jenderal bintang dua ini mengingatkan agar koordinasi antar pemangku kepentingan dilaksanakan dengan baik, sehingga pelaksanaan PSU nanti dapat terlaksana dengan baik dan mengutamakan protokol Kesehatan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan mengatakan selain personel pengamanan TPS, Polda Malut juga menerjunkan tim asistensi yang dipimpin langsung oleh Kapolda Malut, untuk menjamin situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif sehingga pelaksanaan PSU dapat berjalan lancar.

Adip menjelaskan untuk penempatan personil tersebar di 6 TPS, yakni TPS 1 dan 2 Desa Supu Kecamatan Loloda Utara sebanyak 22 personil, TPS 07 Desa Rawajaya  Kecamatan Tobelo sebanyak 11 personil, TPS 02 Desa Tetewang Kecamatan Kao Teluk sebanyak 11 personil serta 2 TPS khusus di PT NHM sebanyak 11 personil.

“Disamping itu juga, Polda juga menyiagakan 1 SST Dalmas Dit Samapta yang ditempatkan di Polsek Kao, 1 SST PHH Brimob Polda Maluku Utara di Desa Tetewang, 1 SST PHH Brimob Polda Maluku Utara di Desa Supu Loloda Utara. Untuk Polres Halut sendiri telah menyiapkan 140 personel,” akunya.

Kepada masyarakat di Halut dirinya menghimbau untuk menciptakan situasi aman dan kondusif pada PSU Pilkada Halut.

“Kepada seluruh lapisan masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan simpatisan calon agar dapat menahan diri, serta siap menerima hasil dari pilihan rakyat pada tanggal 28 April mendatang,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut