Pemilihan BPD Waitina Pakai Sistem Adat

  • Bagikan
Kepala Desa Waitina, Sirajudin Umasangadji (Istimewa)

SANANA – Pemerintah Desa Waitina, Kecamatan Mangoli Timur, Kabupaten Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, rencananya akan menggelar pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), pada bulan Oktober mendatang. Pemilihan BPD tersebut, akan digelar dengan sistem adat, musyawarah mufakat dari 6 umasoa yang ada dalam desa tersebut.

“Desa Waitina punya 6 umasoa yakni, umasoa Umasangadji, Umawaitina, Titdoy, Liambana, Lumbessy dan Liamanu. Untuk itu, dalam pemilihan BPD kali ini, kita pakai sistem keterwakilan umasoa, dengan model satu umasoa usul satu, yang satunya lagi diambil dari keterwakilan perempuan yang akan diusul oleh organisasi perempuan yang ada di desa,” ungkap Kepala Desa Waitina, Sirajudin Umasangadji kepada KabarMalut, Rabu (8/9/2021).

Menurut Sirajudin, rencana pemilihan BPD dengan sistem adat, telah mendapat persetujuan dari Pemerintah Daerah maupun DPRD.

“Rencana pemilihan BPD dengan sistem adat, kami dari Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan enam tokoh adat sudah duduk bersama dengan Pemerintah Daerah serta DPRD, dan mereka (Pemerintah dan DPRD) juga setuju, bahkan dalam waktu dekat aturannya disiapkan Pemerintah Daerah,” katanya.

Lanjut Kades, musyawarah BPD dengan sistem adat ini dilakukan guna mengangkat kembali adat yang di Desa Waitina yang kini mulai terkikis.

“Waitina ini desa adat, niat kami sebagai pemerintah desa untuk kembangkan kembali adat yang kini sudah mulai terkikis jaman,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut