Tiga Kelompok Tani di Halmahera Utara Dapat Bantuan Alsintan dari Kementan

  • Bagikan
Bupati Halmahera Utara, Frans Manery menyerahkan salah satu Alsintan kepada kelompok tani (Istimewa)

TOBELO – Tiga kelompok tani di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, menerima bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dari Kementrian Pertanian (Kementan). Pemberian bantuan Alsintan ini guna meningkatkan produksi serta kualitas dan kuantitas produksi pertanian di daerah tersebut.

Bupati Halmahera Utara, Frans Manery menyerahkan langsung bantuan Alsintan atas kerjasama Direktorat Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan bersama Komisi IV DPR RI yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Utara, Kamis (21/10/2021).

Bupati Frans menyampaikan  Alsintan diharapkan menjadi bagian dalam peningkatan produktivitas pertanian.

“Bantuan Alsintan yang diberikan ini, harus bisa dirawat dan dikelola dengan sebaik-baiknya dan bisa digunakan oleh seluruh petani yang berada di masing-masing kelompok tani,” kata Bupati.

Dengan adanya bantuan Alsintan ini, Frans berharap dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pertanian yang ada di Kabupaten Halmahera Utara.

“Kepada kelompok tani penerima bantuan agar dapat membangun berkoordinasi baik dengan kelompok tani yang lain dalam hal pemanfaatan Alsintan untuk dimanfaatkan secara baik, dijaga dan dikelolah secara bertanggung jawab,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Halmahera Utara, Daud mengaku Alsintan yang diserahkan ke tiga kelompok tani tersebut terdiri dari, 1 unit Traktor Roda 4, 12 unit Traktor Roda 2,  2 unit Rice Trans Planter, 2 unit Kultifator, 20 unit Pompa Air, 20 unit Hand Spayer, 5 unit Kombain Harvester dan 5 unit Konseter.

“Ini diserahkan kepada kelompok tani Sumber Rejeki Desa Baringin Agung, Kecamatan Kao Barat, Kelompok Tani Usaha Bersama Desa Pocao, Kecamatan Loloda Utara dan Kelompok Tani Canga Kanda Muda Desa Kira, Kecamatan Galela Barat,” tuturnya

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPR RI Fraksi Golkar Alien Mus yang diwakili oleh Tenaga Ahli Komisi IV DPR RI Heri Soesanto, Mewakili Dirjen PSP Kementrian Pertanian Andi Halu, para pimpinan OPD terkait,  Kelompok Tani penerima bantuan dan para tamu undangan lainnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut