Bau Sampah Selimuti Warga Desa Kampung Makeang

  • Bagikan
Tempat Sampah yang terletak dibilang Dusun 3 Desa Kampung Makeang

LABUHA – Masyarakat Dusun 3, Desa Kampung Makeang, Kecamatan Bacan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), sudah satu bulan lebih menghirup bau sampah yang sangat menyengat yang berasal dari salah satu tempat penampung sampah yang terletak ditengah-tengah pemukiman warga Desa tersebut.

Pengakuan salah satu warga Dusun 3 Desa Kampung Makeang, M. Ali, sampah yang berserakan di lingkungannya itu, sampai sejauh ini tidak diperhatian oleh Pemerintah Kabupaten Halsel. Hal itu menyebabkan dirinya dan warga sekitar sudah satu bulan lebih menghirup udara tak sedap yang berasal dari tumpukan sampah.

“Sampai sekarang sampah itu tidak diangkut. Kami warga di sekiar sini sudah satu bulan lebih hirup bau sampah,” ungkap M. Ali kepada KabarMalut, Selasa (13/2/2018).

Kepal Desa Kampung Makeang, Gurdam Abusam saat ditemui mengaku, pihak Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) secara diam-diam menempatkan bak sampah di lingkunya tanpa ada koordinasi dengan pihak Pemerintah Desa.

“Dilokasi itu selama ini mereka (Dinas DPKPLH) tidak pernah menghubungi kami,” ucapnya.

Selain lokasi penempatan bak sampah, kata Kades, gerobak angkutan sampah yang difasilitasi oleh DPKPLH untuk mengangkut sampah rumah tangga warga Desa Kampung Makeang, juga tidak pernah dikoordinasikan dengan Pemerintah Desa sehingga pihaknya tidak mengetahuinya.

“Mungkin difasilitasi langsung dari dinas, jadi kami tidak tahu,” cetusnya.

Menanggapi hal ini Kepala Dinas DPKPLH Halsel, Ahmd Hadi saat disambangi diruang kerjanya tidak berda di tempat, nomor handphone pribadinya juga tidak aktif alias di luar jangkauan. Begitu juga Kepala Bidang Kebersihan DPKPLH, Jufri, juga tidak berada di ruang kerjanya atau tidak berkantor. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut