Jelang Pilgub, Polres Halbar Musnahkan Ribuan Botol Miras

  • Bagikan
Polres Halbar musnahkan ribuan botol miras berbagai jenis. (Foto Saiful Safrudin)

JAILOLO – Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dan Polsek jajaran, musnakan ribuan botol minuman keras (Miras) berbagai jenis, hasil operasi penyakit masyarakat (Pekat) Kieraha I 2018.

Pemusnahan barang haram tersebut dilangsungkan, di aula Mapolres Halbar, Desa Hoku-Hoku Kie Kecamatan Jailolo, Kamis (15/2/2018).

Kapolres Halbar AKBP Bambang Wiriawan dalam sambutannya mengatakan, pemusnahan miras hasil operasi pekat Kieraha I tahun 2018 dalam rangka menyambut Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara 2018.

Apalagi, ini butuh adanya kesepahaman bahwa miras, yang merupakan musuh kita bersama. Sebab, terjadinya tindakan kejahatan dikalangan masyarakat semuanya diakibatkan karena miras.

“Kita pahami bersama pelaksanaan operasi ini banyak yang tidak suka dengan langkah yang merupakan tugas kami selaku penegak aturan,” katanya.

Sambungnya, meski demikian tidak akan mengurangi niat kami dalam pemberantasan miras dan selama tak ada aturan yang mengatur tentang miras pihak kepolisian akan terus melakukan operasi.

“Apalagi ada yang menuding Polisi membakar rumah warga melalui media sosial (Medsos) Facebook grup Halmahera Barat,” terang Bambang.

Kapolres menjelaskan, langkah ini merupakan bagian dari bentuk perlawanan para pelaku pembuat miras jenis captikus dengan harapan agar masyarakat menghujat kami (Polisi). Tetapi perlu diketahui yang dibakar adalah tempat penyulingan captikus.

“Kami akan lakukan terus selama tidak ada Perda yang mengatur,” tegas Kapolres Halbar.

Menurutnya, tujuan kepolisian guna menciptakan situasi yang damai dan harmonis dalam menghadapi Pilkada, sebagai tugas kami (Polisi) bersama TNI untuk menjaga keamanan. Sebab, tahapan pilkada (kampanye) sudah dimulai.

“Setelah operasi pekat, kami akan melakukan operasi Binakusuma untuk mengantisipasi atau memalisir setiap kejadian atau tindakan yang mengakibatkan terjadinya bentrok dalam kampanye,” sebut Bambang.

Untuk itu, Bambang menambahkan, dalam momen ini, pihaknya meminta kepada para undangan agar bisa menyampaikan pesan ini, bahwa dalam Pilkada pilihan bisa berbeda tetapi setelah pemilu kita tetap bersatu lagi.

“Jadi marilah kita rayakan pesta demokrasi dengan penuh kebanggaan dan kesenangan,” harapnya.

Dalam pemusnahan miras berbagai jenis ini, diantaranya 1.963 botol jenis captikus, 4.772 botol Saguer (tuak) dan 12 botol bir bintang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sultan Jailolo Ahmad Abdullah Syah, mewakili Kajari Halbar M. Asyari, Wakapolres Halbar Kompol Latuwo, Pabung Kodim 1501 Ternate Mayor Inf. Marjaka, Para Kabag, Kasat dan perwira Polres Halbar, Kasat Pol-PP Pemda Halbar Wawan Gunawan MT Ali, Sekertaris Perhubungan Halbar Sugandi Hi. Gani, Camat Jailolo Muchlis Hi. Arif, Kepala KUA Kecamatan Jailolo Jamaludin Ismail, Danramil 1501 – 04 Sahu Kapten Inf Djail Pua, dan Para tokoh Agama dan masyarakat Wilayah se- Jailolo. (ags)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut