3 Tahun Pemkab Halsel dan Pimpinan DPRD ‘Sembunyikan’ Dokumen APBD

  • Bagikan
Ketua Badan Legeslasi (Banleg) DPRD Halsel, Arsyad Sadik Sangadji

LABUHA – Dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) merupakan dokumen publik yang harus dibuka di hadapan umum, sebagai bentuk transparansi, akan tetapi hal ini tidak terjadi pada pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Selatan, sebab dokumen ini ini sengaja disembunyikan oleh oknum Pemkab Halsel dan pimpinan DPRD untuk melemahkan fungsi pengawasan, sebab tanpa dokumen itu anggota DPRD sebagai perwakilan rakyat tidak bisa melakukan tugasnya untuk mengawasi.

Hal ini dikeluhkan oleh Ketua Badan Legeslatif (Banleg) DPRD Halsel, Arsyad Sadik Sangadji mengutarakan, pada tahun 2015, 2016 dan 2017  dokumen ABPD tidak dikantongi lembaga DPRD. Tak hanya itu hingga memasuki bulan ketiga 2018 Pemkab Halsel juga enggan menyerahkan dokumen ABPD kepada DPRD.

“Tiga tahun berturut turut dokumen APBD dirahasiakan. Sampai sekarang sudah pertengahan bulan Maret ini belum juga diserahkan,” ungkap Politisi PKPI itu. Senin (12/03/2018).

Arsyad menyebutkan, akibat dari sikap pemkab halsel yang merahasikan dokumen APBD itu menyebabkan fungsi pengawasan lembaga DPRD menjadi tidak maksimal. Masalah ini kata Arsyad, sebagai anggota pihaknya sudah melaporkan kepada pimpinan DPRD namun hingga kini tidak ditindaklanjuti oleh pimpinan DPRD.

“Diduga pimpinan DPRD berkonspirasi dengan Pemkab untuk tidak memberikan dokumen APBD ke anggota DPRD,” cetusnya.

Lanjutnya, beberapa tahun terakhir setiap selesai pengasahan APBD, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD)  dan Badan Anggaran (Banggar) menyembunyikan dokumen tersebut, sehingga anggota DPRD selalu mengeluh dengan sikap Pemkab dan Badan Anggaran DPRD.

“Bagaimana mau melakukan pengawasan secara maksimal. Sementara dokumen ABPD diserahkan pada akhir tahun anggaran dan data-data yang diminta selalu saja tidak diberikan,” pungkasnya. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut