Batik Sula Siap Dipromosikan

  • Bagikan
Batik Sula

SANANA- Batik khas Sula dan sulam yang melambangkan Wansosa, ikan tukareg dan burung mansanggia dalam waktu dekat akan dipromosikan oleh pemkab setempat.

Kabid Ekonomi TTG dan SDA, Rabea H I Soleman, mengatakan peserta pembuatan batik dan sulam Sula ini diambil dari desa melalui seleksi yang ketat, tesnya melalui wawancara, dan memggambar, sekarang peserta yang lolos ada sekitar 50 orang  yang dilatih untuk buat batik, tahap pertama pelatihan selama 6 bulan dan sudah berjalan selama 4 bulan tinggal 2 bulan lagi pelatihan ini selesai.

Apabila pelatihan sudah usai maka Pemda akan menyiapakan rumah batik dan sulam Sula dan upaya publikasi  keluar daerah.

Dikatannya, Pelatih batik diambil dari Surabaya, dan Jakarta, desiner foto dari Jakarta, pengajar batik 2 orang dan pelatih sulam 2 orang. Sekarang bahan yang sudah di buat sudah jadi yakni batik tulis dan batik cap.

Menurutnya, dengan adanya pelatihan batik ini sangat menguntungkan masyarakat Sula, pasalnya orang Sula sendiri sudah tidak lagi pakai batik buatan daerah lain, bangga dengan batiknya sendiri, bukan itu saja namun ini juga mengurangi angka pengangguran buat masyarakat Sula.

Sementara itu,  Leney Agustin  yang juga selaku pelatih batik dan sulam mengatakan bahwa walapun tenaga pekerja baru dan masih kaku dalam pelatihan tapi mereka masih optimis dan mau terus belajar. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut