Proyek Bendungan Diduga Bermasalah, SAMURAI dan Warga Gelar Demo

  • Bagikan
Aksi SAMURAI Malut dam masyarakat Desa Tilei Dalam memprotes pembangunan Bendungan di depan kantor Bupati Pulau Morotai

DARUBA – Solidaritas Aksi Mahasiswa Untuk Rakyat Indonesia (SAMURAI) Malut bersama masyarakat Desa Tilei Dalam, Kecamatan Morotai Selatan Barat, menyoroti pembangunan Proyek Irigasi Bendungan Induk di Desa Tilei Dalam yang diduga bermasalah dengan menggelar aksi demontrasi.

Koordinator Aksi, Haikal menyampaikan proyek bendungan yang dibangun oleh Balai Kementrian PU Provinsi Maluku Utara melalui CV Mitra Gapi KSO itu dianggap bermasalah secara teknis, yang bakal menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

Proyek bendungan di Desa Tilei Dalam itu dibangun tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB). Maka kedepan bisa cepat rusak. Kalau seperti ini tentu sangat merugikan bagi masyarakat,” teriak Haikal dalam orasinya di depan Kantor Bupati Pulau Morotai, Selasa (31/7/2018).

Haikal menuturkan, pembodohan yang dilakukan oleh Pemda Kabupaten pulau Morotai dan Dinas  PU  ini sangat merugikan masyarakat khususnya Desa Tilei dan para umumnya Pulau Morotai. Massa aksi meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera turun ke lokasi dan menegur pihak kontraktor.

“Hari ini juga kami meminta kepada Dinas PU agar turun langsung ke lokasi, untuk mengkaji secara teknis pembangunan bendungan. Pemda harus serius menyikapi masalah ini, karena ini untuk kepentingan masyarakat,”  tegasnya.

Menaggapi hal tersebut, Staf Ahli Setda Pulau Morotai, Zainal Karim saat menemui pendemo  mengatakan, aspirasi yang disampaikan warga itu akan ditindaklanjuti. Hari ini juga Dinas PU akan turun ke lokasi mengecek kebenaraan dugaan tersebut.

“Kami tetap akan mengawasi masalah ini. Walaupun ini bukan proyek Pemda Morotai tetapi kami punya hak untuk mengawasi dan akan kami lakukan,” tandas Zainal.

Adapun pernyataan sikap lainnya yang disampaikan pendemo yaitu pihak perusahan pekerja diminta untuk menaikan upah para buruh krikil yang bekerja di lokasi bendungan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut