Panwascam Siap Tindak ASN dan Relawan yang Melanggar

  • Bagikan
Devisi Hukum dan Penindakan Panwascam Kao Teluk, Ismanto Safi

TOBELO – Mencegah agar tidak terlibatnya para ASN, Kepala Desa dan TNI-Polri dalam politik praktis pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di wilayah Kecamatan Kao Teluk, Kabupaten Halmahera Utara (Halut).  Panwascam Kao Teluk melayangkan surat imbauan kepada Kepala Desa, ASN dan TNI-Polri untuk tetap netral dalam Pemilu.

Devisi Hukum dan Penindakan Panwascam Kao Teluk, Ismanto Safi mengatakan, PSU khususnya di enam desa sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang dilakukan adalah dua tahapan, pertama Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih, kedua adalah pemungutan dan penghitungan suara di tanggal 17 Oktober 2018 sebagaimana telah ditetapkan oleh KPU.

“Apa bila ada temuan atau laporan terkait ASN, tim sukses atau relawan pasangan calon yang melakukan kampanye dengan membagi sembako atau berupa uang, maka akan diberikan sanksi sesuai undang-undang yang berlaku,” kata Ismanto saat di konfirmasi KabarMalut, Selasa (9/10/2018).

Ismanto menuturkan, sesuai undang-undang yang berlaku yakni UU nomor 10 tahun 2016 pasal 71 ayat (1) pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI-Polri dan kepala desa atau lurah, dilarang membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

“Kepala Desa dilarang ikut serta atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah,” jelasnya.

Panwascam Kao Teluk, siap menindak tegas para ASN serta tim relawan yang dianggap melanggar aturan, karena sebelumnya telah diimbau agar tidak lagi berkampanye.

“Kami sudah menghimbau kepada Kepala Desa  dan jajaran yang ada dibawahnya agar menjaga netralitas dan tidak memihak kepada pasangan calon manapun pada pelaksanaan Pilgub 2018 maupun Pileg dan Pilpres 2019,” terangnya.

Ismanto juga menambahkan, jika ada temuan pelanggaran di lapangan jelang PSU ini, maka pihaknya tidak segan- segan untuk memproses hingga tuntas sesuai kewenangan Panwascam. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut