Jelang PSU, Tim AHM-RIVAI Gelar Pembekalan Saksi

  • Bagikan
Pembekalan Saksi AHM-RIVAI Pulau Taliabu

BOBONG – Jelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Maluku Utara (Malut) 2018, Tim Pasangan Calon (Paslon) Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-RIVAI) menggelar pembekalan saksi sebagai penguatan pengetahuan kepada para saksi yang akan terlibat saat PSU 17 Oktober nanti di Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu.

Pembekalan saksi ini juga turut dihadiri Ketua KPU Pulau Taliabu, Sumitro Muhammad dan juga Ketua Bawaslu Pulau Taliabu, Adidas Latea selaku pemateri. Kedua penyelenggara Pemilu ini menjelaskan tentang regulasi  dan pelanggaran agar sebagai pengetahuan dasar saksi dalam bertugas pada TPS nanti.

Sumitro menjelaskan tentang tata cara proses pencoblosan dan aturan yang baru dalam PSU mendatang serta beberapa hal yang harus diperhatikan para saksi saat menjalankan tugas, antara lainnya adalah peserta pencoblos. Sebab pada PSU ini hanya pemilih terdaftar yang ikut mencoblos 27 Juli lalu di TPS tersebut yang berhak melakukan pencoblosan ulang, pemilih yang tidak terdaftar di TPS tersebut atau telah memilih di TPS lain tidak diperbolehkan.

“Selain DPT kemarin, yang bisa ikut mencoblos adalah peserta yang kemarin melakukan pencoblosan memakai e-KTP atau yang memakai Suket karena tidak mendapatkan undangan memilih atau yang kami sebut sebagai Daftar Pemilih Tambahan  (DPTB)” kata Sumitro kepada para saksi AHM-RIVAI, Sabtu (13/10/2018).

Sementara Ketua Bawaslu Adidas juga memberikan bobotan materi terkait dengan tindak pelanggran kepada para saksi AHM-RIVAI. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut