Bupati Halut Resmikan Sekretariat SLRT dan Dua Puskesos

  • Bagikan
Bupati Halut, Frans Manery meresmikan Puskesos di tandai dengan penguntingan pita

TOBELO – Bupati Halmahera Utara (Halut) Ir Frans Manery meresmikan Sekretariat Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu ( SLRT) Halut Mantap Dinas Sosial Halut dan Sekretariat Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos)  Tobelo Marahai Desa Gosoma dan Puskesos Todora Desa Pitu.

Peresmian yang dipusatkan di Desa Pitu Kecamatan Tobelo Tengah  tersebut, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Halut Frans Manery didampingi Kepala Dinas Sosial Halut, Hedyani N Hoata  yang sekaligus sebagai Manager Utama SLRT , Rabu (19/12/2018).

Kepala Dinas Sosial Halut, Hedyani N Hoata dalam laporannya menyampaikan SLRT dan Puskesos  merupakan sebuah layanan untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin, untuk menghubungkan dengan program-program perlindungan sosial dan penaggulangan kemiskinan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, Pemprov dan Pemda.

Ia juga menambhakan SLRT dipusatkan di Dinas Sosial  Halut dan Puskesos yang akan berkantor di setiap kecamatan ini adalah pertama di Malut yang dibangunan di Halut. Oleh kerena itu, ini menjadi  arti penting dalam membangun sinergitas lintas lembaga sosial, dan meningkatkan koordinasi antar tenaga pendamping program sosial sehingga tercipta database yang semakin baik.

“Kami terus berusaha agar kesejahteraan sosial masyarakat semakin meningkat dan angka kemiskinan semakin menurun. Dengan kehadiran SLRT dan Puskesos  ini, semoga kondisi real masyarakat dapat selalu terpantau dan dapat menunjang percepatan kesejahteraan di Kabupaten Halmahera Utara,” ungkap Hedyani.

Lanjut  Hedyani, juga meminta para Camat dan Kepala Desa dan seluruh Supervisor dan Fasilitator untuk memanfaatkan lembaga ini dengan optimal, sehingga kedepan tidak ada lagi bantuan yang tidak tepat sasaran.

“Dengan begitu, kehadiran SLRT dan Puskesos  akan memberi dampak langsung dalam penyelesaian beragam permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Sementara Bupati Halut, Frans Manery dalam sambutanya berharap SLRT dan Puskesos di Halut dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai data yang riil.

“Diharapkan dengan dibentukannya ini (SLRT dan Puskesos), semoga dapat menentukan siapa masyarakat yang betul-betul harus menerima bantuan yang sebenarnya,” ungkap Bupati.

Di akhir sambutanya, Bupati Halut menghimbau kepada masyarakat dalam menyambut moment Pemilu di tahun 2019 mendatang selaku warga negara yang taat hukum agar dapat ikut terlibat dan berpartisipasi dalam ajang demokrasi tersebut. serta  menangkal setiap jenis  pemberitaan yang  bersifat bohong/hoax serta provokasi .

Di akhir Kegiatan Bupati  di dampingi Asisten 1 Bidang Pemerintahan bersama Manager SLRT dan Para Pimpinan OPD, Camat dan Kepala Desa yang turut hadir,  meninjau Ruangan Puskesos tersebut, dilanjutkan dengan Dialog singkat Bupati Halut dengan para supervisor Fasilitator.

Untuk diketahui, Ditahun 2018 ini melalui Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementrian Sosial RI telah menetapkan 60 kabupaten/kota  se-Indonesia diantaranya Kabupaten Halut, satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Malut yang ditetapkan sebagai kabupaten lokasi pengembangan SLRT.

Dan untuk Halut sendiri telah terbentuk 50 Puskesos yang tersebar di lima wilayah kecamatan dengan 50 Fasilitator yang direkrut langsung dari masyarakat, dimana fasilitator itu berdomisili. Diantaranya, Kecamatan Tobelo 10 Puskesos, Kecamatan Tobelo Tengah 9 Puskesos, Tobelo Utara 10 Puskesos, Tobelo Selatan 13 Puskesos, Tobelo Timur 1 Puskesos dan Kecamatan Galela 7 Puskesos . (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut