Minta Maaf, Kapolda Perintahkan Proses Oknum Anggota Ancam Wartawan

  • Bagikan
Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE -Dugaan pengancaman yang dilakukan oknum anggota Polisi yang bertugas di Polres Halmahera Utara (Halut) yakni Brigpol Herby Oktorino Kalidu alias Rino terhadap dua wartawan, mendapat perhatian dari Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto.

Jenderal bintang satu ini menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya terhadap insan Pers (wartawan) atas tindakan oknum anggota tersebut. Kapolda Brigjen Pol Suroto juga meminta Kapolres Halut segera proses hukum terhadap oknum anggota yang diduga mengancam wartawan tersebut.

“Atas peristiwa tersebut pak Kapolda meminta maaf yang sebesar-besarnya, pak Kapolda sudah memerintahkan kepada Kapolres Halut untuk melakukan pendalaman proses terhadap oknum Polisi tersebut,” ungkap Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar kepada KabarMalut, Rabu (13/2/2019).

Menurutnya hal ini tidak perlu terjadi, karena Polri dan Pers saling membutuhkan dalam mitra kerja. Meski sudah ada penyelesaian secara kekeluargaan antara oknum Polisi dengan para wartawan di Halut, oknum tersebut tetap dilakukan pemeriksaan dan pendalaman, sehingga menjadi satu proses pembelajaran bagi jajaran Polda Malut.

“Ini adalah salah satu proses pembelajaran bagi institusi kepolisian yang berada di Polda Malut dan harus merupakan kasus terakhir,” jelasnya.

Hendri mengimbau jika ada pihak yang merasa dirugikan dan keberatan dengan pemberitaan media, maka harus menempuh jalur klarifikasi atau hak jawab, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Pers nomor 40 tahun 1999. Hubungan Polri dengan Pers di Malut, selama ini berlangsung harmonis dan saling membantu dalam menyampaikan informasi serta program Polri ke masyarakat.

“Kami memohon maaf atas peristiwa yang terjadi dan peristiwa ini sebenarnya tidak perlu lagi terjadi karena kepolisian dan wartawan ini diibaratkan seperti dua sisi mata uang yang melekat. Kami berharap anggota kepolisian yang bertugas di Polda Malut, sudah tegas dari pak Kapolda insan Pers ini ibarat dua sisi mata uang saling membutuhkan antara insan Pers dan Polri,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut