Beasiswa Bidikmisi Mahasiswa Unkhair Raib di Rekening Bank BTN

  • Bagikan
Bank BTN KCP Ternate (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Sejumlah mahasiswa Universitas Khairun (Unkhair) Tenate, mengeluhkan dana beasiswa yang diperoleh dari kampus raib di rekening Bank Tabungan Negara (BTN). Padahal transaksi penarikan belum dilakukan secara keseluruhan.

Salah satu mahasiswa mengaku, uang beasiswa didapatkannya melalui transfer ke rekening pribadi mahasiswa Bank BTN KCP Ternate nominal Rp 4,2 juta. Kemudian beberapa kali transaksi penarikan melalui mesin ATM dan masih menyisahkan saldo sekira Rp 1,3 juta, sisah saldo tersebut tiba-tiba hilang dan tidak bisa ditarik lagi.

“Setelah kami dapat pemberitahuan dan mengecek di ATM, beasiswa kami sudah masuk sebesar Rp 4,2 juta, saya langsung tarik baru Rp 2,9 juta. Tapi besoknya saya mau tarik lagi, ternyata saldo di rekening tabungan sudah kosong, sehingga tidak bisa lagi transaksi,” kata salah satu Mahasiswa yang tidak mau namanya dipublis, Jumat (22/3/2019).

Menurutnya, ketika mengetahui saldo di rekening telah kosong, dirinya langsung melaporkan ke  Bank BTN. Namun pihak bank miminta untuk bersabar dan memberikan waktu 1 x 24 jam, jika saldo tidak ada perubahan, maka kembali melaporkan.

“Kemarin saya sudah lapor, tapi dari bank minta nanti besok baru balik lagi untuk cek ulang. Ternyata sampai hari saldo tetap kosong,” terangnya.

Kejadian serupa juga pernah terjadi dan dialami mahasiswa lain, dimana beasiswa yang ditransfer ke rekening pribadi mereka, setelah melakukan transaksi beberapa kali. Sisahnya langsung raib tanpa diketahui penyebabnya.

Salah satu staf Bank BTN KCP Ternate, Ari Faisal ketika dikonfirmasi menolak memberikan statemen dengan alasan, harus lebih dulu menyurat dan menunggu disposisi dari kantor pusat untuk memberikan penjelasan.

“Ada arahan dari atasan saya, untuk menjawab yang tadi ditanyakan, harus bersurat dulu ke Bank BTN, nanti kami disposisi ke kantor pusat. Karena untuk menjawab pertanyaan dari wartawan harus memperoleh izin dari kantor pusat,” kata Ari dalam pesan Whatsapp.

Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Unkhair Ternate, Nurdewi Rizka (Foto: Yunita/KabarMalut)

Sementara itu, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Unkhair Ternate, Nurdewi Rizka mengaku semua administrasi untuk beasiswa atau menyangkut Bidikmisi ditransfer langsung ke rekening masing-masing mahasiswa, untuk biaya hidup maupun potongan SPP semuanya difasilitasi pihak kampus.

“Jika terjadi hal demikian terjadi (uang raib di rekening) kampus tidak mengetahui dan tidak ada wewenang, karena uang yang dikirim melalui rekening masing-masing. Sehigga dari kampus tidak ikut campur lagi ketika uang sudah masuk ke rekening mahasiswa,” kata Nurdewi.

Semua anggaran beasiswa dikirim dari pusat dan pihak kampus hanya menjalankan sesuai aturan yang ada. Bagi mahasiswa yang berhak menerima bidikmisi atau beasiswa harus memiliki IPK diatas 2,75.

Nurdewi mengimbau para mahasiswa yang merasa dana beasiswa raib di rekening bisa mengadukan ke kampus guna ditindaklanjuti.

“Sejauh mahasiswa atau orang tua mahasiswa tidak pernah mengadukan hal tersebut, namun kedepan jika ada yang melapor kami akan mengusut tuntas dan berkoordinasi dengan pihak Bank dalam hal ini bank BTN KCP Ternate,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut