Gandeng Stakeholder, Satpol PP Pulau Morotai Bahas Penegakan Perda

  • Bagikan
Rakor Satpol PP Pulau Morotai bersama steakholder yang dipimpin langsung oleh Kasat Pol PP Pulau Morotai, Junaidi Soamole (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pulau Morotai bersama instansi terkait (stakeholder) menggelar Rapar Koordinasi (Rakor) membahas penegakan Peraturan Daerah (Perda) di Kabupaten Pulau Morotai tahun 2019. Rakor tersebut membahas terkait Perda Pulau Morotai tentang Penertiban Hewan ternak, Penertiban Miras dan Penertiban Sampah sekaligus membahas terkait perizinan bangunan.

Kepala Satuan Pol PP Pulau Morotai, Junaidi Soamole menyampaikan bahwa selama 10 tahun Pemerintahan Kabupaten Pulau Morotai baru kali pertama Satpol PP menggelar Rakoor seperti saat ini.

“Selama 10 tahun, baru kali ini Satpol PP Pulau Morotai gelar Rakor bersama instansi terkait yang melibatkan TNI Polri,” tutur Junaidi saat ditemui KabarMalut usai Rakor di aula Kantor Bupati Pulau Morotai, Senin (17/6/2019).

Lebih lanjut Junaidi memyebutkan bahwa Rakor tersebut berdasarkan isarat Undang-Undang, Peraturan Pemerintah nomor 16 tentang Pembentukan Satpol PP.

“Satpol PP dalam situasi tertentu ketika menyangkut dengan penertiban dan penegakan Perda, maka Satpol PP dapat berkoordinasi dengan TNI-Polri,” tambahnya.

Junaidi juga menambahkan bahwa penertiban bukan hanya pada perizinan bangunan yang akan difokuskan, tapi untuk perizinan miras di tempat hiburan yang berlebel perlu ditata kembali dengan memprioritaskan Kota Daruba, lalu diterapkan ke kecamatan-kecamatan di Pulau Morotai.

“Nantinya kami berharap tim yang ada secepatnya di SK kan oleh Bupati Pulau Morotai,” harapnya.

Diakui Junaidi bahwa saat ini Satpol PP Pulau Morotai memiliki kelemahan pada penegakan Perda Penertiban Hewan Ternak, Miras dan Sampah. Sehingga ia berharap ada keterlibatan pemerintah dan steakholder dalam penegakan Perda tersebut.

Turut hadir pada rakor tersebut yakni Lanal, Kadis Ops TNI-AU Leo Wattimena, Kadis Ops TNI-AL Lanal Morotai, Kasat Sabhara Polres Morotai, Kadis Perizinan, Para Kepala Desa dan Camat se-Kecamatan Morotai Selatan serta anggota Satpol PP Pulau Morotai. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut