Mulai 2020, Angkutan Umum di Haltim Wajib Berplat Kuning

  • Bagikan
Kepala Bidang Darat Dinas Perhubungan, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Hairuddin Musa (Foto: Istimewa)

MABA – Mulai tahun 2020 seluruh mobil angkutan umum lintas Halmahera wajib menggunakan nomor Polisi berplat kuning. Hal ini sesuai hasil rapat di Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku Utara yang melibatkan Polda, Polres dan Dishub kabupaten/kota.

“Kami meminta agar para sopir maupun pengusaha angkutan untuk segera melakukan penyesuaian administrasi, baik plat (nomor polisi) dan lain sebagainya. Karena di tahun 2020 tidak bisa lagi mobil angkutan umum berplat hitam mengangkut penumpang umum,” kata Kepala Bidang Darat Dishub, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Hairuddin Musa saat di konfirmasi Jumat (2/8/2019).

Penerapan penggunaan plat kuning ini juga sudah disepakati Organda, Dishub dan juga Sat-Lantas Polres Haltim dan memberikan waktu kepada pengusaha angkutan umum mapun sopir, untuk melakukan pengalihan nomor polisi dari plat hitam ke plat kuning.

“Jadi kita tidak ada toleransi lagi, karena batas waktu yang diberikan sudah cukup lama. Tahun 2020 nanti, mobil angkutan resmi semuanya sudah menggunakan plat kuning dan tidak ada lagi menggunakan plat hitam,” terangnya.

Hairuddin menambahkan, untuk mobil angkutan umum lintas Halmahera yang beroperasi di Haltim, pihaknya sudah melakukan pendataan dan akan dilanjutkan ke Dishub Provinsi Maluku Utara.

“Makanya mulai Agustus bulan ini, kami sudah mulai mengirim data-data mobil angkutan umum ke Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara,” ungkap mantan Komisioner Panwas Haltim itu.

Dishub dan Sat-Lantas PolresHaltim, lanjut Hairuddin, bakal melakukan sosialisasi mobil angkutan resmi trans Halmahera berplat kuning mulai September hingga Desember 2019 mendatang. Sosialisasi kepada masayarakat tersebut untuk memberikan informasi dan edukasi kepada para pengguna jasa angkutan darat.

“Sosialisasi akan dilakukan dengan dua bentuk yakni, melalui pemasangan spanduk di jalan dan juga turun langsung di lapangan bersama Sat-Lantas Polres Haltim,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut