Home » Tutorial » 7 Cara Mengubah Foto ke JPG Melalui Situs dan Aplikasi Online

7 Cara Mengubah Foto ke JPG Melalui Situs dan Aplikasi Online

Anah April 20, 2024

Kabarmalut.co.id – Sebenarnya, Cara Mengubah Foto ke JPG bisa kalian lakukan dengan mudah ditambah banyaknya layanan pendukung yang bisa dimanfaatkan. Seperti menggunakan aplikasi atau situs tertentu untuk bisa merubah format foto dengan simpel. Namun, masih banyak di antara kalangan warganet yang belum memahami bagaimana cara mengubah format tersebut.

Biasanya kegiatan merubah foto ke JPG, untuk berbagai alasan seperti keperluan VC lamaran kerja, pas foto, ijazah, dokumen dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak di pungkiri, jika banyak sekali perusahaan bahkan instansi yang memberikan persyaratan utama file ke format JPG. Maka dari itu, banyak orang yang sibuk mencari Cara Mengubah Foto ke JPG ini.

Berbagai cara mudah bisa kalian lakukan dengan praktis. Selain JPG, biasanya orang membutuhkan beberapa format lainnya seperti PNG, JPEG dan lainnya. Berikut ini kami akan bagikan beberapa Cara Mengubah Foto ke JPG yang bisa kalian terapkan dengan mudah. Tentu saja cara ini sangat efektif dan sudah banyak dilakukan oleh semua pengguna. Dari pada penasaran, silahkan simak detailnya sebagai berikut.

7 Cara Mengubah Foto ke JPG Melalui Situs dan Aplikasi Secara Online

Cara Mengubah Foto ke JPG

Kalian bisa menemukan berbagai cara termudah untuk bisa mengubah foto ke JPG. Baik melalui perangkat ponsel atau PC, kalian bisa menyelesaikannya dengan praktis. Selain itu, banyak sekali aplikasi pendukung yang bisa digunakan. Jadi, kalian bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang sudah tersedia saat ini.

Namun, masih banyak di antara kalangan warganet yang belum mengetahui bagaimana Cara Mengubah Foto ke JPG. Berikut ini, kami akan bagikan beberapa cara yang bisa kalian terapkan secara langsung. Dan silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Rename Foto Menjadi JPG

Cara Mengubah Foto ke JPG

Perlu diketahui, jika proses pengubahan foto ke JPG hanya dengan melakukan rename saja. Tentu saja hal ini sangat praktis dan mudah dilakukan. Namun, kalangan warganet sendiri masih belum banyak yang mengetahuinya. Kalian bisa menerapkannya dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi ketiga lainnya.

Baca Juga :   5 Cara Transfer Kuota Telkomsel Paling Mudah & Terlengkap

Jadi, kalian dapat mengubahnya ke format foto pada windows. Hanya dengan sekali langkah saja maka kalian sudah bisa merubah foto menjadi JPG. Dari pada penasaran, silahkan ikuti panduan selengkapnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, masuk ke Explore di PC
  2. Lalu, klik File yang terletak di sisi kiri atas
  3. Kemudian, tekan Properties
  4. Dan buka tab View
  5. Setelah itu, hilangkan centang Hide Extensions For Known File Types
  6. Maka seluruh file yang ada di perangkat bisa di catat formatnya
  7. Kalian bisa cari foto yang akan di ubah
  8. Lalu ubah format tersebut di belakang nama
  9. Misal, .png ke .jpg

Tentu saja cara ini sangat menarik karena tidak membutuhkan aplikasi tambahan lainnya. Kalian bisa menerapkannya dengan mudah dan praktis untuk mengubah semua jenis foto ke format jpg. Namun, salah satu kekurangannya yaitu file JPG yang diberikan masih kurang maksimal terutama dari ukuran yang diberikan.

2. Aplikasi Paint

Cara Mengubah Foto ke JPG

Kalian juga bisa menggunakan Aplikasi Paint yang sudah banyak digunakan oleh semua kalangan. Selain itu, cara menggunakannya sangat mudah menariknya lagi kalian bisa mendapatkan manfaat lain dari aplikasi Paint. Seperti untuk keperluan editing foto dan sebagainya. Dan untuk kalian yang ingin mengubah foto ke jpg simak panduannya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, tentukan foto mana yang akan di ganti format nya
  2. Setelah itu, cari fi File Explore
  3. Jika sudah, klik kanan di Foto
  4. Dan klik Open With, dan tekan Paint
  5. Kemudian, akan terbuka aplikasi Paint lalu tekan File di kiri atas
  6. Klik Save As kemudian tekan JPG
  7. Silahkan beri nama foto tersebut, dan klik Simpan

Hal menarik dari aplikasi Paint adalah memberikan ukuran foto yang kecil namun tidak mengurangi kualitas didalamnya. Maka dari itu, kalian bisa menggunakan cara ini untuk bisa mengubah foto ke format JPG secara praktis.

Baca Juga :   Cara Convert PDF ke Word di HP/Laptop Gratis Dan Mudah

3. Adobe Photoshop

Cara Mengubah Foto ke JPG

Berbicara tentang editing foto, tentu saja tidak pernah lepas dari Adobe Photoshop yang sudah banyak digunakan oleh semua kalangan. Tentu saja aplikasi ini memberikan beragam pilihan tools editing yang sangat menarik. Cara menggunakannya pun tergolong simpel, dan untuk kalian yang ingin mengubah foto ke format JPG silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Masuk ke Aplikasi Adobe Photoshop
  2. Kemudian, klik File dan Open
  3. Lalu, pilih foto yang akan di ubah ke JPG
  4. Setelah itu, foto akan terbuka dan klik File
  5. Klik Save As
  6. Dan di format kolom sendiri kalian bisa memilih JPG
  7. Kalian bisa mengatur kualitas foto tersebut secara bebas
  8. Selesai

Semakin tinggi kualitas yang diberikan, maka semakin bagus hasil yang didapatkan dan begitu pun sebaliknya. Kalian bisa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop untuk mendapatkan berbagai kelebihan yang tidak terbatas.

4. Secara Online

Cara Mengubah Foto ke JPG

Dan cara mudah lainnya yang bisa digunakan untuk mengubah foto ke JPG yaitu bisa dilakukan secara online. Mungkin sebagian pengguna menerapkan cara tersebut karena sangat mudah untuk di selesaikan.

Dan pastinya hasil yang diberikan sangat menarik. Banyak sekali beberapa situs untuk mengubah format ke JPG yang bisa digunakan. Salah satunya situs simpleimageresizer.com yang bisa kalian ikuti tutorial selengkapnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, kalian masuk ke simpleimageresizer.com/online-image-converter terlebih dahulu
  2. Selanjutnya, tekan Select Image untuk menentukan foto mana yang akan di ubah formatnya
  3. Lalu tekan Select New Format dan klik JPG
  4. Setelah itu, klik Convert Image
  5. Dan tunggu beberapa saat sampai selesai
  6. Selesai

5. Lewat HP Android

Cara Mengubah Foto ke JPG

Bagi para pengguna ponsel android, kalian bisa menerapkan cara mudah untuk bisa mengubah foto ke JPG. Tentu saja prosesnya sangat simpel dan mudah diselesaikan. Pasalnya, kalian bisa menemukan beberapa aplikasi di Playstore dan mengunduhnya secara gratis. Dari pada penasaran, kalian bisa menggunakan aplikasi Image Converter, begini caranya.

  1. Pastikan untuk mengunduh aplikasinya terlebih di Playstore
  2. Jika sudah, install dan tunggu sampai selesai
  3. Buka aplikasi tersebut, dan pilih foto mana yang akan di ubah formatnya
  4. Setelaj itu, klik Change Format
  5. Kalian bisa pilih JPG, dan klik Simpan
  6. Selesai
Baca Juga :   Cara Logout Wifi.id Lewat HP dan Laptop Dijamin Work

6. Online-Convert.Com

Cara Mengubah Foto ke JPG

Cara Mengubah Foto ke JPG lainnya yang bisa kalian coba adalah dengan menggunakan Online-Convert.Com yang sudah banyak dilakukan oleh semua orang. Kalian bisa melakukannya dengan mudah, dan memudahkan kalian untuk mengubah format foto ke JPG.

Menariknya lagi jika layanan ini juga menyediakan berbagai fitur unggulan yang sangat menarik dan memudahkan kalian untuk melakukan konversi. Selain itu, bisa menggunakan beberapa efek di gambar secara optional. Untuk kalian yang memerlukan filter atau efek, mengubah ukuran dan sebagainya, pastikan untuk gunakan Online-Convert.Com.

7. Crello

Cara Mengubah Foto ke JPG

Kalian bisa menggunakan aplikasi Crello untuk mengubah foto ke format JPG dengan praktis. Pasalnya, layanan ini bisa kalian akses secara online dan menyediakan berbagai fitur unggulan didalamnya. Selain JPG, Aplikasi ini bisa mengkonversi beberapa format lainnya seperti PNG, JPEG, TIFF dan lainnya. jadi kalian hanya perlu memilih foto mana yang akan di ubah, dan drag and drop didalam aplikasi Cello.

Mengoptimalisasi Hasil Convert Foto

Cara Mengubah Foto ke JPG

Mungkin masih banyak orang yang ingin menrubah foto dari format lainnya ke JPG dengan alasan tertentu seperti keperluan dokumen dan sebagainya. Namun, yang menjadi masalahnya adalah jika terdapat beberapa dokumen yang memiliki limitasi didalamnya terutama dari sisi ukuran.

Misalnya, untuk di unggah kadang memerlukan ukuran yang dibatas. Oleh karena itu, kalian wajib mengoptimalisasi terlebih dahulu dengan cara melakukan compressing. Tentu saja, kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi atau situs compress foto terbaik yang sudah tersedia saat ini.

Penutup

Demikianlah yang bisa disampaikan mengenai Cara Mengubah Foto ke JPG untuk bisa kalian coba dengan mudah. Tentu saja, kalian bisa menentukan salah satu cara terbaik dari beberapa cara yang telah kami berikan di ulasan ini dengan mudah. Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca. Sekian dan terimakasih.