Home » Tutorial » Cara Logout Wifi.id Lewat HP dan Laptop Dijamin Work

Cara Logout Wifi.id Lewat HP dan Laptop Dijamin Work

roomen May 21, 2024

Kabarmalut.co.id – Cara logout Wifi.id, mungkin banyak yang masih belum mengetahuinya. Padahal ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah menggunakan fitur yang tersedia di perangkat. Untuk lebih lengkapnya, nanti akan kita bahas lebih lanjut.

Sebagaimana yang diketahui, Wifi.id adalah layanan akses internet yang lumayan populer di Indonesia. Saat ini sangat sedikit yang menyaingi, bahkan di beberapa tempat merupakan satu-satunya. Layanan ini disediakan oleh Telkom Indonesia dan biasanya ditemui ditempat umum.

Apabila kamu pernah ke café, pastinya pernah menemukan jaringan Wifi.id pada perangkat. Selain itu, layanan ini juga banyak ditemui di hotel, bandara, rumah sakit, dan beberapa tempat umum lainnya. Agar bisa mengakses jaringan ini, pengguna harus memiliki akun terlebih dahulu.

Memang tidak gratis, namun harga yang ditawarkan Wifi.id lebih murah dibandingkan memasang Wifi di rumah. Selain harus memiliki akun, kamu juga bisa mengakses Wifi.id dengan membeli voucher, silakan cari di internet atau toko online.

Kelebihan dari jaringan ini yaitu jangkauannya yang lumayan luas. Selain itu, kecepatan internet juga cukup stabil dan tidak ada batasan. Namun sayang, kamu harus logout terlebih dahulu agar bisa menggunakannya di lokasi lain.

Fungsi lain dari logout Wifi.id yakni untuk menjaga privasi supaya tetap aman. Selama kamu tidak keluar dengan cara manual, maka perangkat masih menggunakan akses Wifi yang sama. Dengan demikian, rentan sekali pengguna lain untuk mencuri informasi pribadi kamu.

Kelebihan Menggunakan Wifi.id

Sebelum mengetahui bagaimana cara logout Wifi.id, sebaiknya kita bahas dulu apa saja kelebihannya. Kenapa banyak orang yang memilih akses jaringan ini, padahal saat ini banyak sekali ditemukan jaringan Wifi. Tentu ada alasan yang menarik dibahas, berikut diantaranya!

Akses Internet Cepat dan Stabil

Kelebihan menggunakan Wifi.id yang pertama adalah karena akses internet yang cepat dan stabil. Dibandingkan jaringan seluler atau akses Wifi lain, kecepatan jaringan ini bisa saja lebih kencang. Tidak heran jika beberapa pengguna menggunakannya khusus untuk download.

Bahkan ada juga yang rela mendatangi sarana yang memiliki akses Wifi.id hanya untuk keperluan download. Namun demikian, kecepatan ini tergantung berapa banyak yang mengakses. Semakin sedikit pengguna, kecepatannya semakin maksimal.

Baca Juga :   Cara Daftar UMKM Online Untuk Semua Bank 2023 Lewat HP

Mudah Diakses

Alasan berikutnya kenapa banyak yang menggunakan layanan ini yaitu karena mudah diakses. Diatas tadi sempat disinggung bahwa layanan ini mudah ditemukan di beberapa tempat umum. Hotel, bandara, rumah sakit, dan bahkan terminal pun tersedia.

Apalagi tidak ada batasan siapa saja yang boleh menggunakannya, asalkan memiliki akun dan membeli voucher terlebih dahulu. Namun ingat, kamu harus mengetahui cara logout Wifi.id supaya bisa keluar setelah pemakaian dan digunakan di tempat lain.

Harga Murah

Jika bicara masalah harga, yang termurah adalah yang menarik perhatian dan banyak diminati. Ini juga berlaku bagi Wifi.id, sebuah layanan jaringan internet yang banyak ditemukan ditempat umum. Dibandingkan akses nirkabel lainnya dijamin lebih murah.

Meski harga ini bervariasi, tergantung dari daerah dan paket yang kamu beli, namun umumnya untuk 10.000 rupiah mendapatkan kuota 1GB. Untuk harga lebih lengkapnya, silahkan mengunjungi halaman resmi Wifi.id.

Keamanan Terjamin

Wifi.id memang layanan publik yang dapat diakses semua pengguna, tidak ada pengecualian. Namun dari segi keamanan, jaringan ini tetap menjamin keamanan penggunanya. Data diri yang kamu gunakan tetap terjaga dan tidak tersebar.

Supaya lebih aman, kamu harus melindungi perangkat dengan antivirus dan sejenisnya. Selain itu, pastikan mengetahui logout atau keluar jaringan supaya tidak digunakan orang lain dan untuk menjaga data diri tidak disalahgunakan pihak lain.

Cara Logout Wifi.Id Dari HP

Kamu sudah mengetahui apa saja kelebihan atau keuntungan menggunakan layanan publik ini. Selanjutnya kita bahas topik utamanya, yakni bagaimana cara logout Wifi.id. Salah satu cara yang dapat kamu gunakan yakni menggunakan perangkat ponsel pintar atau HP.

Gunakan Opsi Forget di Android

Cara pertama dan yang paling mudah adalah melalui fitur yang disediakan HP Android. Semua HP dari merek dan versi apapun memiliki fitur ini, jadi tidak ada alasan untuk tidak dapat melakukannya. Jika tidak ditemukan fitur forget Wifi, silahkan cari Lupakan Jaringan.

Dengan fitur ini, jaringan yang sebelumnya terhubung otomatis akan terputus. Jika kamu ingin menggunakannya lagi, silahkan sambungkan dengan memasukkan password atau ID yang digunakan sebelumnya. Selengkapnya mengenai cara logout Wifi.id di HP, silahkan ikuti langkah berikut!

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Klik menu Wifi untuk membuka jaringan apa saja yang terhubung.
  • Selanjutnya klik jaringan Wifi.id, seharusnya masih terhubung.
  • Langkah terakhir yakni memilih opsi Lupakan Jaringan.
  • Kemudian klik tanda centang atau Save.

Akses Wifi.id Menggunakan Browser

Cara logout Wifi.id berikutnya adalah menggunakan layanan browser yang ada di HP. Kamu bisa menggunakan Chrome, Mozzila, atau browser bawaan HP. Cara ini memanfaatkan layanan logout yang ada pada masing-masing akun.

Baca Juga :   Cara Mengetahui Password Wifi IndiHome Lewat HP Dan Laptop

Dengan kata lain, kamu harus login dan mengakses halaman Wifi.id. Tidak jauh berbeda dari cara yang pertama, kali ini juga sangat mudah. Intinya adalah mengetahui halaman mana yang harus diakses. Selengkapnya, langsung ikuti langkah dibawah ini!

  • Buka browser yang ada di HP kamu , kami sarankan menggunakan Google Chrome.
  • Silahkan kunjungi http://landing2.wifi.id/wifi.id-new/default/landing.
  • Jika saat itu kamu terhubung jaringan Wifi.id, maka seharusnya secara otomatis masuk pada halaman login.
  • Silahkan lihat bagian kanan di halaman utama tersebut, klik logout untuk keluar layanan Wifi.id.
  • Untuk memastikan apakah jaringan benar-benar terputus, silahkan coba browsing atau streaming.

Hapus Data Cache HP

Masalah logout Wifi.id bukan hanya disebabkan tidak tahu caranya. Selain itu, ada beberapa kasus yang sudah keluar, tetapi tetap tersambung koneksi nya. Untuk mengatasi cara ini, kamu bisa menghapus cache pada perangkat yang digunakan, dalam hal ini adalah HP.

Cache berfungsi untuk menyimpan data pada perangkat yang digunakan. Tujuannya tidak lain untuk mempercepat akses ketika halaman atau aplikasi dibuka kembali. Namun ada kalanya cache justru mengganggu kinerja HP, termasuk tidak bisa logout Wifi.id.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka menu pengaturan di HP.
  • Temukan menu Penyimpanan, biasanya terletak di menu Pengaturan Tambahan.
  • Jika sudah ketemu, klik opsi Hapus Data.
  • Konfirmasi dengan klik OK atau teruskan.
  • Tunggu beberapa saat, lama prosesnya tergantung dari besarnya cache yang tersimpan.

Cara Logout WiFi ID dari Komputer atau Laptop

Selain menggunakan perangkat HP, cara logout Wifi.id juga bisa dilakukan menggunakan laptop. Caranya juga cukup mudah, bahkan beberapa ada yang mirip. Laptop memang sering digunakan untuk mengakses layanan dari Telkom ini, meski jumlahnya tidak terlalu banyak.

Kelebihan menggunakan laptop untuk memutuskan sambungan jaringan Wifi.id yakni user interface yang lebih jelas. Selain itu, beberapa menu yang disediakan pun lebih lengkap. Sama persis seperti HP, ada tiga metode yang bisa kamu lakukan dengan perangkat ini.

Menggunakan Fitur Forget Network di Windows

Bagi yang sering menggunakan laptop untuk aktivitas sehari-hari, pastinya mengetahui bahwa perangkat ini memiliki fitur Forget Network. Fungsinya sama dengan yang ada di HP, yakni memutuskan jaringan yang sebelumnya tersambung.

Adanya fitur ini sangat penting, namun sayang sekali karena banyak yang mengabaikannya. Terlebih jika kamu sering ganti koneksi Wifi, menghapus yang tidak digunakan sangat penting supaya tidak bingung. Berikut adalah langkah yang dapat kamu lakukan dengan metode ini!

  • Klik tanda panah atas yang terletak di kanan bawah windows.
  • Dari beberapa opsi yang muncul, silahkan klik ikon Wifi.
  • Pilih nama Wifi yang saat itu masih terhubung.
  • Selanjutnya tinggal klik Disconnect atau Putuskan.
  • Coba akses browser untuk memastikan apakah jaringan terputus atau masih tersambung.
Baca Juga :   Cara Screenshot (SS) HP Samsung Lebih Mudah Dan Cepat

Cara Logout WiFi ID dengan CMD

CMD merupakan salah satu fitur yang sangat penting bagi perangkat laptop. Fitur ini juga dapat digunakan sebagai cara logout Wifi.id. Bagi yang tidak familiar mungkin sulit mengoperasikannya, karena harus memasukkan perintah yang diinginkan.

Namun sebenarnya, cara ini sangatlah mudah karena berjalan otomatis. Kamu hanya perlu memasukkan perintah untuk membuka halaman logout akses Wifi. Supaya tidak terjadi kesalahan, kami telah menyiapkan langkah sederhana yang dapat kamu ikuti berikut ini!

  • Tekan tombol Windows + R.
  • Ketik “CMD” lalu tekan Enter.
  • Ketik IPConfig, kemudian tekan Enter.
  • Cari IPv4 Address, selanjutnya silahkan salin IP tersebut
  • Masukkan perintah https://landing2.wifi.id/authnew/logout/logout.php?ipc=IP
  • Namun sebelumnya, ganti IP tersebut menggunakan IP WiFi yang kamu temukan pada langkah sebelumnya.
  • Setelah langkah tersebut, maka secara otomatis koneksi Wifi kamu terputus.

Menggunakan Browser

Cara logout Wifi.id di laptop juga ada yang sama seperti ketika kamu menggunakan HP. cara yang dimaksud adalah menggunakan browser, baik itu chrome, Mozilla, atau Internet Explore. Langkahnya pun sama, kamu harus mengakses halaman resmi Wifi.id dan klik tombol logout.

Cara ini sebenarnya bukan menjadi pilihan utama, namun tidak ada salahnya kamu mengetahuinya. Setidaknya, kamu bisa mencobanya apabila semua cara yang disebutkan diatas tidak berhasil. Silahkan ikuti langkah berikut untuk lebih detail nya!

  • Buka browser andalan kamu.
  • Kunjungi atau buka halaman http://landing2.wifi.id/wifi.id-new/default/landing/.
  • Perhatikan bagian kanan, silahkan klik opsi Logout.
  • Silahkan coba mengakses internet untuk memastikan jaringan terputus.

Cara Logout Wifi.id Menggunakan Aplikasi

Dari banyaknya cara logout Wifi.id yang disebutkan diatas, cara yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi. Telkom menyediakan aplikasi khusus yang dapat kamu instal melalui perangkat ponsel, silahkan dicari di Playstore atau Appstore.

Cara ini dianggap paling mudah karena kamu tidak perlu clear cache, mengunjungi situs resmi Wifi.id, atau bahkan menggunakan CMD. Intinya adalah menginstal aplikasinya, kemudian mengikuti beberapa langkah sederhana berikut!

  • Download dan instal aplikasi Wifi.id Go.
  • Silahkan dibuka setelah berhasil memasangnya di HP.
  • Geser tombol yang ada pada bagian Koneksi atau Connection.
  • Apabila tombol tersebut berubah warna menjadi abu-abu, maka kamu berhasil memutuskan jaringan internet.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara logout Wifi.id, baik melalui HP, laptop, dan juga menggunakan aplikasi. Akses internet menggunakan jaringan publik ini memang memiliki banyak keuntungan, namun pastikan menggunakannya dengan bijak dan tetap menjaga keamanan perangkat.