Home » Tutorial » Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen Lewat HP

Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen Lewat HP

roomen May 20, 2024

Kabarmalut.co.id – Meski banyak digunakan, bahkan hingga mencapai lebih 1 miliar pengguna, namun faktanya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menghapus akun Twitter. Bukan tanpa sebab, pasalnya media sosial ini sangat dibutuhkan sehingga tidak terpikirkan untuk dihapus.

Twitter kebanyakan digunakan untuk posting hal yang berbau lucu, baik dalam bentuk konten foto, video, atau juga teks. Selain itu, banyak juga yang menggunakannya sebagai media sindiran, cerita, dan konten lain yang memberikan hiburan pada audience nya.

Media sosial ini bukanlah satu-satunya, melainkan masih banyak yang ditemui. Misalnya saja Facebook, kamu bisa melakukan semua hal yang sama. Selain itu, ada juga Instagram yang hanya dikhususkan untuk konten foto dan video, namun tetap menarik digunakan.

Fungsi utama yang sebenarnya tidak lain untuk media komunikasi atau jejaring sosial. Dimana dengan adanya Twitter, kamu bisa berinteraksi dengan orang lain. Kamu bisa berkomunikasi dengan teman, saudara, atau bahkan pasangan.

Pengguna Twitter bukan hanya dari kalangan masyarakat umum, namun juga artis, atlet, dan bahkan pejabat. Tentu masing-masing memiliki kepentingan berbeda, namun yang jelas sebagai komunikasi dua arah yang dapat dilakukan melalui tweet atau ocehan.

Namun sayang, dibalik manfaatnya, ada banyak pengguna yang ingin menghapus akun media sosial tersebut. Alasannya bermacam-macam, tetapi yang paling sering terjadi adalah karena akun di hack. Alasan lain yaitu tidak lagi digunakan, atau ingin membuat akun baru.

Cara Menghapus Akun Twitter Permanen

Cara menghapus akun Twitter permanen bisa jadi dibutuhkan apabila kamu tidak lagi menggunakan akun tersebut. Daripada nantinya digunakan orang lain dengan cara dibobol, jalan satu-satunya adalah menghilangkan atau menghapusnya.

Ada banyak kasus akun yang tidak aktif dan dibiarkan begitu saja. Kemudian dalam beberapa waktu, akun tersebut berpindah tangan dan digunakan untuk keperluan yang kurang pantas. Kamu bisa menghapusnya melalui HP atau komputer, berikut cara selengkapnya!

Menghapus Akun Twitter Permanen di HP

Perlu diketahui, Twitter tersedia dalam platform aplikasi yang bisa di download di Playstore atau Appstore. Dengan hanya menghapus aplikasi di HP, akun yang pernah kamu gunakan tidak secara otomatis ikut terhapus. Artinya, akun tersebut masih aktif dan sewaktu-waktu bisa digunakan lagi.

Baca Juga :   Cara Mengirim Folder Lewat Email di HP/Laptop Lebih Dari Satu File

Untuk menghapus akun Twitter secara permanen, kamu wajib masuk atau login kedalam nya terlebih dahulu. Masuk ke akun lebih disarankan menggunakan aplikasi, karena tampilannya sederhana dan mudah dipahami menu yang tersedia.

  • Buka aplikasi Twitter di HP.
  • Klik ikon foto profil.
  • Pilih opsi Pengaturan & Privasi.
  • Klik Akun Anda.
  • Klik Nonaktifkan akun Twitter.
  • Masukkan kata sandi akun Twitter.
  • Silahkan konfirmasi, akun kamu akan terhapus permanen beberapa hari ke depan.

Menghapus Akun Twitter di Laptop

Menggunakan aplikasi di HP saat menghapus akun memang lebih mudah dan disarankan. Namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya lewat laptop. Bagi yang sering mengakses media sosial ini dari perangkat tersebut, tentu tidak ada salahnya menghapus dari sana.

Caranya sendiri tidak terlalu sulit, bahkan bisa dikatakan hampir mirip dengan cara menggunakan HP. Perbedaan yang cukup mencolok yakni akses yang digunakan, kali ini tidak menggunakan aplikasi. Sebagai gantinya, kamu harus menggunakan browser.

  • Buka browser, kemudian kunjungi Twitter.com.
  • Silahkan login terlebih dahulu dengan memasukkan username dan password.
  • Di halaman utama, silahkan klik Menu Selengkapnya.
  • Selanjutnya pilih menu Pengaturan dan Privasi.
  • Klik Nonaktifkan akun Anda.
  • Baca terlebih dahulu ketentuan yang berlaku supaya lebih paham.
  • Jika sudah yakin, klik Nonaktifkan, lalu konfirmasi dengan mengisi kata sandi.
  • Pilih Ya untuk langkah terakhir untuk menghapus akun secara permanen.

Cara Menghapus Akun Twitter Sementara

Tidak harus permanen, kamu juga bisa menghapus akun sementara. Perbedaan dari kedua cara ini yaitu dari lama waktunya. Apabila kamu menghapus permanen, aka akun tersebut tidak lagi bisa digunakan untuk jangka waktu lama, bahkan selamanya.

Sementara jika kamu menghapusnya sementara, maka di kemudian hari bisa digunakan lagi dengan syarat tertentu. Cara menghapus akun Twitter sementara juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi di HP ataupun laptop.

Caranya sama persis seperti yang dijelaskan diatas, tidak ada perbedaan sama sekali. Langkahnya pun sama, jadi silahkan kamu ikuti sesuai arahan yang diberikan. Namun jika kamu ingin mengembalikan akun yang dihapus tadi, maka silahkan membukanya sebelum 30 hari.

Jadi bisa diartikan bahwa menghapus akun hanya dapat dilakukan satu langkah saja. Apabila kamu tidak mengaksesnya lagi dalam 30 hari, maka Twitter menganggap kamu tidak lagi membutuhkan dan akan dihapus permanen.

Sebaliknya jika membukanya kembali sebelum 30 hari, maka akun tersebut kembali bisa digunakan seperti semula. Kebijakan ini berlaku sudah lama, Twitter memang sengaja memberikan waktu bagi kamu untuk berpikir matang-matang.

Setelah melebihi waktu 30 hari, yang artinya akun kamu dihapus permanen, maka semua data yang ada di dalamnya juga terhapus. Data ini meliputi semua konten yang pernah kamu buat, baik berupa foto, video, teks, dan juga audio.

Baca Juga :   7 Cara Mengubah JPG ke PDF di HP & Laptop Terlengkap 2023

Cara Menghapus Akun Twitter Lewat Email

Email juga dapa digunakan sebagai cara menghapus akun Twitter, baik sementara atau permanen. Cara ini sebenarnya tidak terlalu populer, namun tidak ada salahnya kamu ketahui. Paling tidak, kamu bisa mencobanya apabila cara sebelumnya tidak berhasil.

Alasan kenapa email lebih sedikit digunakan yakni karena memakan waktu lama. Prosesnya yaitu kamu harus mengirimkan email kepada Twitter yang berisi permohonan penghapusan akun. Selanjutnya pihak Twitter akan merespons dan menindaklanjuti email yang kamu kirim.

  • Buka aplikasi email, atau kamu bisa mengaksesnya melalui browser.
  • Buat email baru, kemudian tujukan pada alamat @Twitter.com.
  • Isi permohonan tertulis mengenai penghapusan akun yang kamu gunakan. Usahakan menggunakan bahasa Inggris supaya respons lebih cepat.
  • Tunggu balasan dari Twitter, biasanya kamu harus melakukan verifikasi.
  • Jika semua proses berjalan lancar, Twitter akan menghapus akun kamu dalam beberapa hari.

Cara Menghapus Akun Twitter Tanpa Login

Ada banyak jalan menuju Roma, itulah istilah yang tepat untuk kondisi kamu saat ini. Maksudnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghapus akun Twitter. Selain cara yang disebutkan diatas, kamu juga bisa menghapus akun Twitter tanpa login.

Pastinya banyak yang bingung, kenapa tanpa login masih bisa menghapus akun yang digunakan. Faktanya memang demikian, namun prosesnya lumayan ribet dibandingkan sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya, langsung ikuti tutorial berikut!

  • Buka Twitter di laptop atau HP.
  • Karena kamu tidak bisa masuk akun, silahkan klik lupa kata sandi atau forgot password.
  • Masukkan nama akun Twitter kamu, bisa juga nomor telepon atau email saat mendaftar.
  • Setelah muncul informasi ID, klik Continue.
  • Selanjutnya tinggal ikuti langkah dan perintah yang diberikan.

Kenapa Harus Menghapus Akun Twitter?

Twitter merupakan media sosial yang memiliki banyak manfaat, terutama menjalin komunikasi. Cara menghapus akun Twitter diatas sengaja kami sediakan bagi pengguna yang sudah berpikir matang dan memiliki tekad bulat.

Perlu diketahui, menghapus akun Twitter merupakan keputusan pribadi, harus tidak ada paksaan dari pihak manapun. Ada beberapa alasan kenapa sebagian pengguna melakukan hal ini, berikut sebagian yang berhasil kami rangkum.

Melindungi Privasi

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, fungsi utama Twitter tidak lain adalah untuk komunikasi. Namun tidak sedikit penggunanya yang mengungkapkan hal pribadi sehingga diketahui banyak orang. Semua ungkapan tersebut selamanya bakal ada jika tidak dihapus.

Baca Juga :   11 Cara Screenshot di Laptop / PC Windows (Semua Laptop)

Keterbatasan Waktu

Alasan berikutnya adalah karena tidak memiliki banyak waktu untuk mengakses akun tersebut. Bagi yang sering mengakses media sosial ini pasti tahu bahwa mereka tidak akan sebentar jika sudah menemukan topik atau percakapan yang cocok.

Bisa dikatakan bahwa Twitter cukup adiktif jika kamu tidak pintar dalam mengambil sikap. Banyak pengguna yang terjebak dalam aliran informasi sehingga semakin penasaran dan ingin mencari tahu lagi. Padahal belum tentu informasi tersebut benar adanya.

Menjaga Kesehatan Mental

Apakah kamu mengira bahwa Twitter hanya memiliki nilai positif? Tentunya tidak bukan, karena semua hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekurangan media sosial ini adalah sering dijadikan ajang bully bagi sebagian penggunanya.

Tentu hal ini sebenarnya sangat disayangkan, karena dapat menjadikan mental seseorang terganggu. Seseorang yang mendapatkan tekanan lebih mudah stress dan mentalnya terganggu. Maka tidak ada salahnya jika kamu menghapus akun untuk lebih aman.

Akun di Hack

Cara menghapus akun Twitter yang kami sediakan diatas juga dapat digunakan apabila kamu kehilangan akun tersebut. Dengan kata lain, akun yang kamu gunakan telah di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya, seseorang akan mengirim laporan pada Twitter supaya akun tersebut bisa dikembalikan. Namun sayang, masalah ini tidak pasti berhasil, bahkan sebagian besar gagal. Satu-satunya cara yang paling ampuh adalah menghapusnya permanen.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menghapus Akun Twitter

Meski alasan yang disebutkan diatas dapat diterima, namun sebaiknya pikirkan baik-baik. Apabila alasannya tidak kuat, maka sebaiknya tetap menggunakan akun tersebut. Misalnya tidak memiliki banyak waktu, sebaiknya biarkan saja dan tetap menjaga kata sandinya.

Pasalnya, kamu bisa sewaktu-waktu membukanya kembali jika sudah ada waktu atau ketika dibutuhkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat keputusan menghapus akun. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah poin penting yang wajib diperhatikan!

  • Akun yang dihapus tidak lagi bisa dilihat pengguna lain, baik menggunakan aplikasi maupun akses browser.
  • Sebelum jangka waktu 30 hari, kamu bisa mengembalikan akun yang terlanjur dihapus.
  • Setelah melebihi 30 hari, maka akun yang sebelumnya berstatus hapus sementara berubah menjadi permanen.
  • Twitter tidak bertanggung jawab apabila selama proses penghapusan, konten yang ada di dalamnya disalin oleh pihak lain.
  • Setelah akun berhasil dihapus, maka username yang digunakan sebelumnya bisa digunakan orang lain.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghapus akun Twitter secara permanen maupun sementara. Kamu bisa menggunakan aplikasi atau laptop melalui web browser. Jika aktivitas kau sering menggunakan HP, maka aplikasi lebih disarankan.