Home » Tutorial » Penyeban Dan Cara Mengatasi IndiHome Lemot Biar Jadi Cepat

Penyeban Dan Cara Mengatasi IndiHome Lemot Biar Jadi Cepat

roomen July 11, 2024

Kabarmalut.co.id – Cara mengatasi IndiHome lemot sebenarnya tidak terlalu sulit, yang penting kamu mengetahui apa penyebabnya. Memang tidak dapat di pungkiri bahwa jaringan yang lemot menjadi permasalahan serius bagi sebagian orang, terlebih jika ada keperluan penting.

Indihome sendiri merupakan salah satu provider terbesar di Indonesia yang menyediakan jaringan Wifi. Dikatakan yang terbesar bukan tanpa sebab, ini dikarenakan hampir di semua daerah terdapat jaringan yang masih milik perusahan Telkom tersebut.

Meski saat ini banyak ditemukan perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, namun semuanya tidak dapat menggeser popularitas Indihome. Alasan utamanya yaitu karena kecepatan internet yang tinggi dengan teknologi jaringan fiber nya.

Selain itu, provider ini juga menawarkan berbagai paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Jika untuk penggunaan rumah, sebaiknya memilih paket yang biasa saja dengan harga per bulan sekitar 300 ribu rupiah.

Namun jika kamu memasang Indihome untuk keperluan publik, misalnya warung atau perkantoran, maka sebaiknya memasang paket yang lebih tinggi. Namun sayang, dibalik akses internet yang kencang dan banyaknya pilihan paket, ternyata provider ini sering mengalami gangguan.

Penyebab gangguan Wifi Indihome bervariasi, yang pasti dapat menyebabkan internet lemot. Gangguan internet ini sebenarnya bisa langsung dilaporkan pada pihak terkait. Namun tidak jarang konsumen yang mendapatkan respon lambat sehingga ingin mengatasinya sendiri.

Penyebab Wifi Indihome Lemot

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi Indihome lemot, ada baiknya kamu ketahui dulu penyebabnya. Ini sangat penting, yang mana nantinya lebih mudah menemukan solusinya. Dari banyaknya penyebab, berikut adalah yang paling sering terjadi!

FUP Melebihi Batas

Sebelum mengecek apapun, baik kabel, router, maupun yang lainnya, sebaiknya cek terlebih dahulu penggunaannya. Indihome memang menawarkan Wifi unlimited, namun tetap ada FUP atau yang dikenal dengan Fair Usage Policy.

Ini artinya, Indihome tidak menawarkan true unlimited yang benar-benar tanpa batas. Memang kamu masih bisa menggunakan internet meski melebihi batas FUP, namun kecepatannya turun drastis. Besar FUP tergantung dari paket yang kamu beli, semakin besar jika paketnya semakin mahal.

Perangkat Bermasalah

Setelah yakin bahwa FUP tidak melebihi batas, silahkan lanjutkan pengecekan berikutnya. Penyebab Wifi Indihome lemot bisa karena modem yang rusak atau error. Pastikan kamu cek dan yakin bahwa modem yang digunakan tidak ada masalah.

Baca Juga :   Cara Upload File di Google Drive di HP/Laptop Agar Bisa Di Download

Selain modem, perangkat lain yang sering menjadi penyebab lemot nya internet adalah kabel. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, provider dari Telkom ini menggunakan kabel fiber optik sebagai jaringan internet nya.

Penempatan Router

Modem atau router yang digunakan menjadi penyebab yang sering mengakibatkan internet lemot. Untuk itu, pastikan posisi router tidak terhalang oleh apapun. Pastikan juga penempatan diatas dan di ruangan yang mudah dijangkau.

Misalnya kamu sering menggunakan internet di dalam kamar, maka bisa meletakkan router di ruang tamu. Ingat, jangkauan router Wifi tidak terlalu jauh, hanya sekitar puluhan meter saja. Router sering mengalami gangguan jika berdekatan dengan perangkat elektronik lainnya, maka silahkan dijauhkan.

Terlalu Banyak Pengguna

Cara mengatasi Indihome lemot yang paling mudah adalah ketika disebabkan oleh banyaknya pengguna secara bersamaan. Solusinya sederhana, kamu hanya perlu mengurangi atau membatasi jumlah pengguna tersebut.

Pastinya sudah banyak yang mengetahui bahwa Indihome memiliki batas kecepatan sesuai paket yang dipilih. Misalnya kamu memilih paket dengan kecepatan 10 Mbps, maka sebaiknya membatasi jumlah pengguna sekitar 5 atau 7 saja.

Gangguan Internal

Apabila tidak ditemukan semua penyebab yang disebutkan diatas, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah gangguan internal. Jika internet Indihome lemot karena gangguan ini, maka kamu hanya perlu bersabar dan menunggu jaringannya normal kembali.

Indihome memang termasuk provider yang paling banyak penggunanya. Namun seperti yang dikatakan di awal pembukaan, provider ini sering mengalami gangguan internal. Apabila kamu tidak sabar menunggu, sebaiknya laporkan langsung pada petugas.

Cara Mengatasi Indihome Lemot

Setelah mengetahui penyebabnya, kita lanjut membahas bagaimana cara mengatasi Indihome lemot. Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan, namun sebaiknya mulai dari yang paling sederhana. Lebih lengkapnya, silahkan simak penjelasan berikut!

Restart Router

Jika internet yang kamu gunakan sedang mengalami masalah, silahkan coba untuk mengakses browser terlebih dahulu. Apabila tidak ada hasil dan tetap tidak dapat memuat, maka langkah pertama yang dapat dilakukan adalah restart router.

Cara ini dianggap yang paling sederhana dan hasilnya pun efektif. Router yang sering digunakan biasanya panas, ini yang menyebabkan lemot. Silahkan matikan melalui tombol power, kemudian tunggu beberapa menit dan nyalakan kembali.

Restart router sebenarnya tidak hanya internet lemot, namun juga menghilangkan error yang mungkin saja terjadi. Dengan adanya manfaat ini, tidak ada salahnya kamu melakukan langkah yang sama meski jaringan internet sedang bagus.

Batasi Jumlah Pengguna

Karena salah satu penyebab internet lemot adalah karena terlalu banyak pengguna, maka cara mengatasinya adalah dengan membatasinya. Cara mengatasi Indihome lemot ini sangat efektif, karena kecepatan yang didapatkan penggunanya lebih maksimal.

Baca Juga :   5 Cara Transfer Kuota Telkomsel Paling Mudah & Terlengkap

Silahkan disesuaikan dengan paket yang kamu pilih, Semakin bagus jika penggunanya lebih sedikit. Sebisa mungkin tidak menggunakan internet untuk keperluan download secara bersamaan. Kamu bisa membuat password untuk membatasi pengguna internet.  

Hapus Cache Browser

Gangguan internet lemot tidak melulu disebabkan oleh jaringan. Selain itu, perangkat yang kamu gunakan juga menjadi penyebab yang sering terjadi. Misalnya saja laptop, kamu harus sering menghapus cache browser supaya perangkat tidak terbebani.

Cache memang sangat penting untuk mengakses kembali halaman yang pernah dimuat. Apabila perangkat pernah mengakses halaman tertentu, maka akan lebih cepat ketika membukanya kembali. Namun jika terlalu penuh, maka yang terjadi justru membuat internet lemot.

Maka dari itulah tidak ada salahnya kamu mencoba cara mengatasi Indihome lemot dengan menghapus cache browser pada perangkat. Tidak perlu semuanya, hanya browser yang sering digunakan saja, misalnya chrome atau Mozilla Firefox.

Gunakan Repeater

Sebelumnya sudah disampaikan bahwa jangkauan jaringan Wifi cukup terbatas. Ini artinya, bisa jadi ruangan dimana kamu mengakses internet tidak dalam jangkauan jaringan tersebut. Misalnya rumah atau kantor yang luas, tentu ada bagian ruangan yang sinyal nya kurang.

Solusinya yakni menggunakan repeater, fungsinya adalah untuk memperluas jangkauan. Tidak perlu memasang dua jaringan yang berbeda, atau menambahkan modem di ruangan lainnya. Cukup pasang repeater yang harganya lebih murah, masalah Wifi lemot pun teratasi.

Upgrade Paket

Masih belum menemukan cara mengatasi Indihome lemot setelah melakukan cara yang disebutkan diatas? Solusi lain yang dapat kamu lakukan dan dijamin efektif adalah upgrade paket. Ini berlaku jika sebelumnya kamu menggunakan paket yang tidak terlalu besar.

Koneksi yang lambat tidak hanya terjadi karena gangguan, perangkat error, atau penempatan router yang kurang tepat. Ada kalanya paket yang memiliki kecepatan tidak terlalu besar butuh upgrade supaya memiliki kecepatan lebih maksimal.

Perhatikan Lokasi Router

Router adalah perangkat yang cukup penting dan menentukan apakah jaringan internet cepat atau lemot. Penempatan yang salah dapat membuat koneksi terganggu, beberapa kasus bahkan menyebabkan internet tidak jalan sama sekali.

Sebagaimana yang dijelaskan diatas, router harus ditempatkan pada posisi yang mudah dijangkau pengguna. Semakin dekat router pada perangkat yang digunakan, semakin bagus pula sinyal yang didapatkan. Pada umumnya, sinyal menentukan kecepatan internet.

Maksudnya, akses internet dijamin lebih cepat apabila mendapatkan sinyal penuh. Sebaliknya jika sinyal yang didapatkan kurang, maka akses internet pun tidak stabil. Posisi router yang paling bagus adalah diatas setinggi orang dewasa.

Baca Juga :   Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome Melalui HP Update 2023

Gunakan Fungsi CMD

Kegunaan internet saat ini tidak hanya untuk browsing, chatting, dan streaming. Selain itu, banyak juga yang menggunakannya untuk bermain game online. Jika saat bermain internet yang kamu gunakan kurang stabil, silahkan mencoba fungsi CMD.

Cara mengatasi Indihome lemot ini sangat efektif untuk keperluan yang dimaksud. Memang sedikit lebih rumit dibandingkan cara lain yang disebutkan. Kamu harus membuka Command Prompt dan mengetikkan petintah khusus.

Sayangnya, cara ini hanya berlaku untuk perangkat laptop atau komputer saja. Sedangkan bagi yang menggunakan HP, silahkan mencoba semua cara yang disebutkan sebelumnya. Untuk menggunakan fungsi CMD, silahkan ikuti langkah berikut!

  • Pastikan saat ini kamu terhubung dengan jaringan Wifi yang bermasalah.
  • Selanjutnya buka ‘Command Prompt’, silahkan cari di fitur pencarian.
  • Untuk mengetahui alamat IP dari jaringan internet yang digunakan, silahkan ketik ‘ipconfig’.
  • Langkah terakhir yakni dengan mengetikkan perintah ‘ping l (jumlah request bandwidth) (IP address)’.

Ubah Pengaturan QoS

Internet yang kencang memang menguntungkan bagi siapa saja yang menggunakan. Namun tentu tidak selamanya kamu bakal mendapatkan akses maksimal. Bukan hanya Indihome saja sebenarnya, namun juga untuk provider lainnya.

Kali ini kita masih membahas cara mengatasi Indihome lemot pada laptop. Kamu bisa mencoba mengubah pengaturan QoS untuk mengatur bandwidth. Caranya lumayan rumit, tetapi kamu bisa mengikuti langkah berikut supaya tidak bingung.

  • Klik Start, lalu Run.
  • Ketik gpedit.msc pada kolom pencarian.
  • Klik Local Computer Policy, kemudian Computer Configuration, lalu Administrative Templates.
  • Pilih Network, lalu pilih QoS Packet Scheduler.
  • Double click pada Limit Reservable Bandwith.
  • Klik Enable, isikan nilai 0 pada bandwidth limit.
  • Tekan Apply.

Ubah Nilai IRPStackSize Menjadi Lebih Tinggi

Cara mengatasi Indihome lemot kali ini mungkin masih belum banyak yang tahu. Meskipun sulit, namun hasilnya dijamin efektif. Mengubah nilau IRPStackSize bisa membuat akses internet lebih cepat, bahkan untuk semua provider sekalipun.

Nilai IRPStackSize setiap sistem operasi berbeda, namun rata-rata tidak lebih dari 15. Ini adalah nilai umum yang digunakan, untuk nilai maksimalnya bisa mencapai 50. Silahkan kamu ganti sesuai kebutuhan dengan cara berikut!

  • Klik Start, pilih Run.
  • Buka Registry Editor dengan ketik regedit.
  • Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
  • Klik kanan pada file DWORD bernama IRPStackSize.
  • Klik Modify, lalu ganti nilainya menjadi 50.

Gangguan internet lemot bisa terjadi pada semua provider, dan memang tidak menyenangkan. Namun dibalik semua permasalahan, pasti ada solusi yang mengiringi. Diatas tadi sudah banyak disebutkan cara mengatasi Indihome lemot, silahkan dicoba satu persatu untuk menemukan cara mana yang berhasil dan efektif.