Banggar DPRD Ternate Minta TAPD Kurangi Anggaran Perjalanan OPD

  • Bagikan
Anggota Banggaran DPRD Kota Ternate, Haryanto Hanadar (Foto: Istimewa)

TERNATE – Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, meminta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) untuk mengurangi alokasi anggaran perperjalanan dinas di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (DPRD) tahun 2020 mendatang.

Anggota Banggar DPRD Kota Ternate, Haryanto Hanadar mengatakan Ketua TPAD harusnya membatasi anggaran pejalanan ke luar daerah dan dalam daerah yang melekat di OPD. Anggaran tersebut baiknya dialihkan ke program yang menjadi target prioritas OPD.

“Karena sudah banyak yang kami temuan setiap APBD induk, antara belanja langsung dan belanja tidak langsung, belanja langsung lebih signifikan dibandingkan dengan belanja tidak langsung,” kata Haryanto kepada KabarMalut, Sabtu (3/8/2019).

Menurut anggota Komisi III DPRD ini, harusnya OPD di Kota Ternate lebih fokuskan pada kegiatan pembangunan infrastruktur fisik berupa dreanase dan pemasangan pafing di tiap kelurahan yang menjadi kebutuhkan masyarakat .

“Dari KUA PPAS, kami amati banyak OPD yang tidak rasional terkait dengan perjalanan dinas di luar daerah dan dalam daerah. Sehingga program setiap kegiatan di kelurahan terganggu karena salah satunya itu perjalanan dinas keluar daerah,” terangnya.

Haryanto mengaku dalam penyusunan anggaran yang disodorkan TAPD ke DPRD, terdapat sejumlah OPD memiliki puluhan kali perjalanan dinas ke luar daerah. Banggar berharap nantinya tahun 2020, TPAD harus lebih teliti terkait dengan SPPD OPD.

“Ada beberapa dinas terkait yang sampai puluhan kali perjalanan dinas, maka dari itu dari Banggar berharap 2020 nanti, tim TPAD harus lebih teliti terkait SPPD OPD,” ujarnya Haryanto.

Banggar sendiri akan lebih selektif membahas program OPD yang disusun TAPD, jika ditemukan minimnya program dan anggaran perjalanan yang tak wajar, maka langsung dilakukan pemangkasan anggaran perjalanan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut