Paskibraka Kota Ternate Siap Kibarkan Bendera Merah Putih

  • Whatsapp
Suasana latihan para Paskibrakan Kota Ternate tahun 2019 (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Memasuki akhir latihan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-74 tahun 2019, para Paskibraka diminta agar tetap menjaga kesehatan dan stamina.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate, Sukarjan Hirto mengatakan, para Paskibraka telah siap untuk melaksanakan pengibaran bendera merah putih di Kota Ternate saat upacara HUT RI nanti. Pasukan Paskibraka tiga hari yang lalu sudah masuk pada tahapan pendidikan dan pelatihan (Diklat) di Hotel Veliya Kota Ternate.

Muat Lebih

“Peserta yang sudah masuk tahap latihan akhir hingga masuk pada tanggal 15 Agustus, peserta sudah melakukan gladih kotor dan gladih bersih. Oleh karena itu peserta juga bakal tetap menjaga stamina dan disiplin mereka,” kata Sukarjan kepada KabarMalut, Selasa (13 /8/2019).

Sukarjan menambahkan, hingga saat ini kesiapan dari peserta sudah mencapai 80 persen untuk pembagian pasukan, ada 8 dan pasukan 17 nantinya disampaikan pada pengukuhan pada Jumat (16/8) sore yang bertempat di Duafa Center Ternate, disitulah akan disampaikan siapa yang membawah baki siapa dan masuk pasukan 8 maupun pasukan 17.

“Dari kesiapan untuk peserta Paskibraka tahun 2019 saya rasa sudah cukup baik. Untuk kesiapan ini sudah digabungkan dengan pasukan 45 yakni dari TNI-Polri dan telah melaksanakan latihan bersama untuk kesiapan akhir. Dari jumlah keseluruhan pasukan pengibaran bendera ini sekitar 100 orang yang diseleksi di semua sekolah tingkat SMA yang ada di Kota Ternate,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ternate, Sukarjan Hirto (Foto: Yasim/KabarMalut)

Lebih lanjut kata Sukarjan , dari 100 orang yang terpilih ini berbeda dengan tahun lalu untuk tahun ini lebih meningkat karena di tahun ini Dispora telah melakukan tahapan seleksi di semua sekolah tingkat SMA, Aliyah, Swasta, Al-Ahkirat yang ada di Kota Ternate agar tetap menjaga kemeretaan bersama hingga tidak terjadi kecemburuan.

“Tentu dengan begini agar mereka bisa menjadi cacatan buat mereka yang terpilih saat melakukan pelatihan Paskibraka ini mereka akan balik ke sekolah masing-masing agar bisa melakukan praktek kepada siswa yang lain karena mereka sudah dilatih dan dibina oleh pembina mereka yang ada di sekolah, dari situ mereka akan diseleksi di sekolah jika memenuhi syarat baru diusulkan ke Dispora,” akunya.

Peserta yang sudah masuk tahap seleksi sudah dibekali dengan berbagai materi dan sudah melalui tahapan tes kesehatan agar bisa melihat secara langsung yang bersangkutan sakit atau tidak. Namun untuk peserta yang ada ini semua sehat tetapi akan digenjot dengan fisik.

“Tinggal hitung hari ini agar peserta tetap menjaga kesehatan mereka untuk kesiapan perayaan HUT RI di Kota Ternate,” pungkasnya. (Ajo)

Pos terkait